Beli Buku Flat Earth Bumi Datar

Tanda Bahwa Matahari Mengitari Bumi

Judul diatas terlihat sangat bodoh, lantaran pelajaran di sekolah kita selama ini berkata lain. Mungkin anda berpikir tim Melinweb ini edan dan ga pernah sekolah. So, itu adalah suatu reaksi yang fitrah mengingat para Nabi di masing-masing jaman juga dikatakan “gila” ketika menyampaikan kebenaran. Kami memang bukan Nabi, namun kami serius membuat judul itu dalam rangka menyampaikan kebenaran.

Selama ini kita diajarkan bahwa bumi berbentuk bola dan mengitari matahari bersama planet lainnya. Dari bangku sekolah pula kita mendapatkan data dari NASA sebagai berikut :

  • Diameter Bumi : 12,742 Km
  • Diameter Bulan : 3,474 Km (1/3.6 Bumi)
  • Diameter Matahari : 1,392,684 Km (109 x Bumi atau 400 x bulan)
  • Jarak Bulan dengan Bumi : 384,400 Km
  • Jarak Matahari dengan Bumi : 149,600,000 Km (400x Jarak dengan Bulan)

Di artikel kami yang membahas mengenai Fenomena Gerhana, kami telah membahas bahwa semua hitungan itu salah dan tidak bisa dijadikan dasar hitungan fenomena gerhana secara matematis.

Jarak dan Ukuran Matahari mengacu pada Observasi Alam

Saksikan video observasi singkat berikut ini :

Di video itu anda bisa melihat perbedaan antara besar matahari yang gambarnya di ambil dari darat dengan yang diambil dari udara. Terlihat bahwa gambar matahari yang di ambil dari udara lebih besar bila di banding kan dengan gambar yang di ambil dari darat.

perbandingan-gambar-matahari-dari-udara-dan-darat

Seharusnya, jika memang diameter matahari adalah 109x dari diameter bumi, dan jarak matahari – bumi adalah 149,6 juta Km, maka tidak akan terlihat perbedaan ukuran mengambil gambar matahari dari ketinggian hanya beberapa km saja dari darat dengan mengambil gambar dari daratan. Hal ini menandakan bahwa matahari tidak sebesar dan tidak sejauh yang di paparkan oleh NASA .

Didalam video itu di tampilkan juga bahwa ketika matahari terbenam, sinarnya menyinari daerah tertentu (menyinari secara lokal). Hal ini menandakan bahwa matahari lah yang beredar, sementara bumi nya diam. Sinar lokal itu juga menandakan bahwa matahari sebenarnya dekat dengan bumi.

matahari-menyinari-daerah-tertentu-secara-lokal

Lebih kerennya lagi di dalam video juga di simulasikan dengan percobaan dirumah, tentang bagaimana cara kerja matahari ketika terbit dan terbenam.

Keyakinan Bumi Bola VS Keyakinan Bumi Datar

Sebagian besar orang yang masih percaya bumi bola, biasanya belum benar-benar menelaah fakta-fakta pemahaman bumi datar. Pertanyaan yang sering terlontar dari orang yang belum memahami kosep bumi datar biasanya,

“Jika bumi datar, mengapa bila kita berjalan kearah satu mata angin (barat misalnya) kita tidak pernah sampai keujung dunia?”

Mereka berfikir bumi itu bulat, karena ketika kita mengadakan perjalanan kearah barat atau timur mengelilingi dunia, maka kita akan kembali ketempat semula.

Untuk lebih jelas apa saja yang mereka tanyakan, coba lihat video dibawah ini!

Bukan bermasksud meremehkan video itu, tampilan videonya sih bagus, namun sepertinya pihak yang membuat video itu memang belum pernah menelaah Flat Earth lebih detail, jadi pemaparannya sangat standart dan video itu sepertinya cuma ditujukan untuk meraup viewers dan monetisasi adsense ($) mengingat Flat Earth saat ini kembali menjadi trending topic.

Banyak miss presepsi yang ada pada video itu, contoh, mengenai kapal laut yang menghilang seperti ditelan bumi, katanya menandakan bahwa bumi itu bulat.

iustrasi-lengkungan-bumi-bulat

Sebenarnya, Flat Earther sudah menelaahnya dengan pemahaman keterbatasan pandangan manusia yang hanya sejauh 3-4 km saja (perspektif) . Jadi bukan karena buminya bulat, coba anda telaah pembahasan ini diartikel Fenomena Horizon Bumi

Narator di video itu juga mengatakan bahwa bumi berbentuk Oblate Spheroid seperti ini:

bumi-berbentuk-oblate-spheroid

Asumsi ini sebenarnya pertama kali dikemukakan oleh ilmuan hoax ciptaan NASA yang bernama Prof. Neil deGrasse Tyson, PHD lulusan Astrophysics, Columbia University. Ia adalah scientist celebrities yang menjadi corong NASA. Berikut cuplikan wawancara beliau dalam suatu acara diskusi.

Scientist Celebrities jadi corong NASA

Berikut kata-kata si Professor yang coba kami translate,

“So, bumi menopang kehidupan, meski berputar dan sedikit melebar dibagian ekuatornya, di bandingkan dengan bagian kutubnya, jadi sebenarnya bukan berbentuk bola, tetapi Oblate (gendut di tengah), sebutan resminya oblate spheroid (bola gendut di tengah), begitulah kami menyebutnya.”

“Tapi bukan cuma itu bumi agak melebar bagian bawah equatornya, dibanding atas equatornya, seperti bentuk buah pir”

Dari satu pertanyaan saja dia membuat dua pernyataan yang berbeda, pertama ia bilang bumi berbentuk oblate, kemudian yang kedua dia juga mengatakan bentuk bumi seperti buah pir. Jadi yang bener yang mana donk prof?Sementara semua gambar bumi bola NASA yang katanya foto dari tahun ketahun, buminya berbentuk bola yang sempurna sekali.

Foto Bumi Bulat dari Tahun ke Tahun

Jadi NASA yang berbohong, apa si Professor yang berbohong? atau justru keduanya lah yang berbohong. Anda jawab sendiri lah! Ilmuan lainnya yang juga ngartis adalah Bill Nye The Science Guy dan Michio Kaku. Kami akan membahas siapa mereka di artikel kami yang lain.

ilustrasi-keliling-dunia-bumi-bulat Balik lagi ke video kartun berbahasa indonesia diatas, dalam video itu juga dibahas mengenai ilustrasi keliling dunia,di gambarkan pesawat mengitari bumi dari timur ke barat atau sebaliknya kemudian kembali ketempat semula.

Pertanyaanya, bisakah kita keliling dunia namun arahnya dari utara ke selatan atau sebaliknya? Di semua maskapai penerbangan, rute keliling dunia utara-selatan atau sebalik nya tidak pernah ada. Mengapa demikian? Karena Antartika adalah kunci dari kebenaran Flat Earth.

Elite Global menjaga kerahasiaan itu lewat Antarctic Treaty 1959 dan membuat pangkalan militer untuk menembak jatuh siapapun yang coba melewatinya.

Lebih ironis lagi, di dalam video itu si Narator justru memuji dan berterima kasih pada penemu sains modern dan NASA dimana mereka sebenernya merupakan bagian dari agenda satanic Elite Global. Well, coba silahkan baca Nasa Melakukan Kebohongan.

So, dari sini terlihatlah bahwa sebagian besar dari mereka sebenernya belum menelaah secara detail sebab akibat kenapa muncul fenomena Flat Earth ini.

Arah Mata Angin Peta Bumi Datar

Berikutnya kami akan membahas kesalahan presepsi orang awam, terhadap arah mata angin pada bumi datar. Kebanyakan mereka menyamakan aturan arah mata angin bumi bola dengan bumi datar, sehingga ada pemikiran jika bumi datar dan kita terus menuju arah selatan, maka kita akan menemukan ujung dunia.

iustrasi-ujung-dunia-bumi-bulat

Well, berikut ini penjelasan kami!

Pada peta bumi datar, arah utara menunjuk kearah kutub utara (artik )dan selatan menunjuk kearah kutub selatan (antartika)

arah-mata-angin-utara-selatan-peta-bumi-datar

Untuk mata angin barat adalah berjalan melingkar searah jarum jam

arah-mata-angin-barat-peta-bumi-datar

Untuk mata angin timur adalah berjalan melingkar berlawanan dengan arah jaru jam

arah-mata-angin-timur-peta-bumi-datar

Dari gambar-gambar diatas bisa terlihat bahwa perjalanan keliling dunia dari barat ke timur atau sebaliknya pada dasarnya memang akan kembali ketempat semula, karena ujung dunia adalah Antartika, dan tembok Antartika terlarang untuk dilewati.

Nah sekarang balik ke judul matahari mengitari bumi nih, Matahari beredar ke arah barat, artinya matahari berjalan mengelilingi bumi seperti arah jarum jam. Tiap satu putaran berarti 1 pergantian hari. Setiap pergantian bulan, matahari juga merubah orbitnya, Jika anda perhatikan 3 lingkaran dibagian tengah itu adalah tempat dimana matahari mengorbit dan hal ini lah yang menyebabkan terjadinya pergantian musim yang berbeda-beda.

Al Qur’an mengatakan Matahari Beredar Mengelilingi Bumi

Surat Yaasiin ayat 37 dan 38 :

yaasiin-ayat-37

“Dan suatu tanda bagi mereka adalah malam, Kami tinggalkan siang dari malam itu, maka dengan serta merta dalam kegelapan.”

yaasiin-ayat-38

“Dan matahari berjalan di tempat peredarannya. Demikianlah ketetapan Yang Maha Perkasa lagi Maha Mengetahui.”

So, matahari berjalan, beredar. Matahari tidak diam dan tidak hanya berputar pada porosnya seperti yang di gambarkan oleh NASA.


112 thoughts on “Tanda Bahwa Matahari Mengitari Bumi

  1. Matahari mengitari bumi. Tapi matahari menjauh saat sunset. kalau menjauh secara logika tidak bisa memutar seharusnya. Gimana nih penjelasannya buat flaters

        1. Definisi Revolusi matahari dalam hal ini adalah pergerakan matahari mengelilingi bumi. Anda bisa check kamus bahasa mengenai definisi Revolusi dalam arti ini. Btw Rotasi punya definisi lain, yakni perputaran suatu benda pada sumbu yang tetap

          -Salam-

      1. Usahakan agar anda bisa keluar angkasa..
        agar anda bisa melihat dengan mata kepala sendiri bahwa Bumi itu bentuknya gimana.. jangan berteori melulu.. faktanya anda sama sekali kan gak pernah keluar angkasa? bahkan anda tidak pernah melakukan perjalanan mengelilingi Bumi atau menelusuri Bumi..

        Kalau anda pernah menelusuri garis Khatulistiwa.. terus saja.. berhari-hari bertahun-tahun.. nanti katahuan.. anda tersesat disebuah titik wilayah yg sangat jauh dari mana anda memulai perjalan.. atau anda bisa kembali mendatangi titik dimana anda berangkat.. dengan bukti yg anda alami itu, anda bisa ikut bersaksi bahwa Bumi itu datar atau bulat.. jangan teori melulu.

    1. Kalau matahari Pasti memutari bumi. Kalau bumi memutari matahari, bagaimana bisa! Luas matahari terlalu besar dan berapa kecapatan yg di butuhkan bumi untuk memutari matahari, jika bumi memutari matahari dgn kecepatan tinggi. Lantas bagaimana cara astronot balik ke bumi dgn selamat? Bagaimana cara satelit dapat mengimbangi pergerakan matahari? Sementara kecepatan bumi luar biasa cepat? Emang satelit punya mesin super sonic quantum jet apa? Jadi yg logica itu matahari mengelilingi bumi

      1. sekarang saya tanya, kecepatan jalan kaki itu brp km/jam?
        kecepatan kereta api brp km/jam?
        lalu jika kita berjalan di dalam kereta api kecepatannya brp? kok bisa yg jalan kaki lebih cepat dari kereta api?

        1. 2. MEO (Medium Earth Orbit)
          Satelit pada orbit ini merupakan satelit yang mempunyai ketinggian di atas 10000 km dengan aplikasi dan jenis yang sama seperti orbit LEO. Namun karena jarak yang sudah cukup jauh jumlah satelit pada orbit MEO tidaklah sebanyak satelit pada orbit LEO. Satelit jenis MEO ini mempunyai delay sebesar 60 – 80 ms. MEO, Medium Earth Orbit Satelit dengan ketinggian orbit menengah dengan ketinggian 9656 km hingga 19312 km dari permukaan bumi. Pada orbit ini satelit dapat terlihat oleh stasiun bumi lebih lama sekitar 2 jam atau lebih. Dan waktu yang diperlukan untuk menyeleseaikan satu putaran mengitari bumi adalah 2 jam hingga 4 jam.

      2. darma@ ijinkan saya jelaskan.. Bumi selain berputar pada porosnya, Bumi memang mengelilingi Matahari.. kalau anda tanya berapa lama? jawabnya dari tirik awal sampai kembali ketitik awal lagi, Bumi mengelilingi Matahari butuh waktu sekitar 365 hari atau kita sebut setahun!

        Anda tanya soal kenapa Satelit bisa bertahan diatas?

        Saya jelaskan bahwa Satelit itu ada 3 macam:
        1. LEO: merupakan satelit yang mempunyai ketinggian 320 – 800 km di atas permukaan bumi. Karena orbit mereka yang sangat dekat dengan bumi, satelit LEO harus mempunyai kecepatan yang sangat tinggi supaya tidak terlempar ke atmosfer. Kecepatan edar satelit LEO mencapai 27.359 Km/h untuk mengitari bumi dalam waktu 90 menit. Delay Time LEO sebesar 10 ms (Waktu perambatan gelombang dari stasiun bumi ke satelit dan kembali lagi ke stasiun bumi). Aplikasi dari satelit jenis LEO ini biasanya dipakai pada sistem Remote Sensing dan Peramalan Cuaca karena jarak mereka dengan permukaan bumi yang tidak terlalu jauh. Pada masa sekarang satelit LEO yang mengorbit digunakan untuk aplikasi komunikasi selular.

        Karena jarak yang tidak terlalu jauh dan biaya yang murah, satelit LEO sangat banyak diluncurkan untuk berbagai macam aplikasi. Akibatnya bahwa jumlah satelit LEO sudah sangat padat, tercatat sekarang ada 8000 lebih satelit yang mengitari bumi pada orbit LEO. Satelit pada lingkaran low earth orbit ditempakan sekita 161 hingga 483 km dari permukaan bumi. Karena sifatnya yang terlalu dekat dengan permukaan bumi menyebabkan satelit ini akan bergerak sangat cepat untuk mencegah satelit tersebut terlempar keluar dari lintasan orbitnya. Satelit pada orbit ini akan bergerak sekitar 28163 km/jam. Satelit pada orbit ini dapat menyeselaikan satu putaran mengeliling bumi antara 30 menit hingga 1 jam. Satelit pada low orbit hanya dapa terlihat oleh station bumi sekitar 10 menit.

      3. 3. GEO (Geostationery Earth Orbit)

        Satelit GEO merupakan sebuah satelit yang ditempatkan dalam orbit yang posisinya tetap dengan posisi suatu titik di bumi. Karena mempunyai posisi yang tetap maka waktu edarnyapun sama dengan waktu rotasi bumi. Posisi orbit satelit GEO sejajar dengan garis khatulistiwa atau mempunyai titik lintang nol derajat.

        Sebuah orbit geostasioner, atau Geostationary Earth Orbit (GEO), adalah orbit lingkaran yang berada 35.786 km (22.236 mil) di atas ekuator Bumi dan mengikuti arah rotasi bumi. Sebuah objek yang berada pada orbit ini akan memiliki periode orbit sama dengan periode rotasi Bumi, sehingga terlihat tak bergerak, pada posisi tetap di langit, bagi pengamat di bumi. Satelit komunikasi dan satelit cuaca sering diorbitkan pada orbit geostasioner, sehingga antena satelit yang berkomunikasi dengannya tidak harus berpindah untuk melacaknya, tetapi dapat menunjuk secara permanen pada posisi di langit di mana mereka berada. Sebuah orbit geostasioner adalah satu tipe orbit geosynchronous.

        Gagasan tentang sebuah satelit geosynchronous untuk tujuan komunikasi pertama kali diterbitkan pada tahun1928 oleh Herman Potocnik. Ide orbit geostasioner pertama kali disebarkan pada skala luas dalam sebuah makalah tahun 1945 berjudul “Extra-Terrestrial Relay – Can Rocket Stations Give Worldwide Radio Coverage?” oleh penulis ilmu pengetahuan fiksi dari Inggris, Arthur C. Clarke, yang diterbitkan di majalah Dunia Wireless. Orbit, yang Clarke gambarkan sebagai orbit yang berguna untuk siaran dan relay komunikasi satelit, kadang-kadang disebut Orbit Clarke. Demikian pula, Sabuk Clarke adalah bagian dari ruang sekitar 35.786 km (22.000 mil) di atas permukaan laut, pada bidang Khatulistiwa, di mana geostasioner orbit dapat diimplementasikan. Orbit Clarke ini sekitar 265.000 km (165.000 mil) panjangnya.

        Satelit GEO mempunyai jarak sebesar 35786 Km dari permukaan bumi. Keuntungan satelit orbit GEO ini salah satunya adalah dalam mentracking antena pengendalian dari suatu stasion bumi tidak perlu mengikuti pergerakan satelit karena satelit tersebut sama periodenya dengan rotasi bumi. Bandingkan dengan tracking antena pada satelit LEO yang harus mengikuti pergerakan satelitnya yang tidak sama dengan periode bumi berputar. Kerugian dari satelit orbit GEO adalah karena jarak yang sangat jauh dari permukaan bumi maka daya pancar sinyal haruslah tinggi dan sering terjadi delay yang cukup signifikan. Cakupan satelit GEO pun sebenarnya tidak mencakup semua posisi di permukaan bumi. Lokasi yang berada di kutub utara dan selatan tidak dapat terjangkau dengan menggunakan satelit GEO karena foot printnya yang terbatas.

  2. Sudah tertera dengan jelas dalam Al quran. Jika kalian islam, tidak percaya dengan isi kitab kalian sendiri? Keimanan kalian patut diragukan.
    Terus ungkap kebenaran min. Gw cuma bisa bantu lwat doa:) moga moga teori soal bumi datar segera terpecahkan, aamiin

    1. Jangan picik bro.. dalam Al Qur’an tidak disebutkan bahwa bumi itu datar.. kalian hanya berpatokan pada kalimat “Matahari mengitari Bumi” seolah Matahari yg berjalan.. bahasa dalam Al Qur’an tidak bisa sekedar dibaca seperti membaca Koran.. ini bukti ayat, bahwasanya Galaxy pun sudah ada penjelasannya..

      وَلَقَدْ جَعَلْنَا فِي السَّمَاءِ بُرُوجًا وَزَيَّنَّاهَا لِلنَّاظِرِينَ

      Artinya
      Dan sesungguhnya Kami telah menciptakan gugusan bintang-bintang (di langit) dan Kami telah menghiasi langit itu bagi orang-orang yang memandang(nya). (Qs. Al Hijr : 16).

      وَهُوَ الَّذِي خَلَقَ اللَّيْلَ وَالنَّهَارَ وَالشَّمْسَ وَالْقَمَرَ ۖ كُلٌّ فِي فَلَكٍ يَسْبَحُونَ

      Artinya :
      Dan Dialah yang telah menciptakan malam dan siang, matahari dan bulan. Masing-masing dari keduanya itu beredar di dalam garis edarnya. (Surat Al-Anbiyâ´ ayat 30)

      وَالشَّمْسُ تَجْرِي لِمُسْتَقَرٍّ لَهَا ذَلِكَ تَقْدِيرُ الْعَزِيزِ الْعَلِيمِ

      Artinya : “Dan matahari berjalan di tempat peredarannya. Demikianlah ketetapan Yang Maha Perkasa lagi Maha Mengetahui.” (QS Yasin : 38)

  3. flat earth bukan lagi sbuah teori, nmun sbuah fakta…
    namun memahamkan fakta ini ke mayoritas org yg trdoktrin dr awal ttg bumi bulat memerlukan usaha keras dn mnyatukan fakta2 tersebut dalam rangkaian cara pikir sebagai pengetahuan baru yg mencerahkan pengetahuan sblmx…kita melawan arus,trlihat bodoh… tp berpijak d atas fakta…. bukan teori2 kebohongan….

    kami flat earthers Makassar, maju terus Min…..

    1. Makasih buat sobat di Makasar :-). Prinsipnya maklumi saja yang tidak ga percaya, rangkul yang percaya dan berpikiran positif.
      Tidak usah berdebat kusir, target kita bukan mereka. Globe Earth sebenarnya baru secuil dari fitnah Dajjal. Sebenarnya mau bumi datar,lonjong, segi tiga, atau trapesium, no problem sih, goal utama kita meruntuhkan Elite Global.

      -Salam-

      1. Tq admin yg telah sharing ilmu tentang flate earth.Saling melengkapi dengan FE Boss Darling di YouTube.Sy dapat info bahwa Elite Global itu turunan dari Yahudi Khazar yaitu suku ke 13 Yahudi.Mereka sebenarnya bukan Yahudi tetapi berasal dari Kerajaan Khazar diabad pertengahan yg masuk agama Yahudi.Mereka lebih Yahudi dari Yahudi asli.Dan diduga mereka ini Ya’juj dan Ma’juj.Rasulullah mengatakan bahwa Ya’juj dan Ma’juj ini ini memiliki kekuatan diatas rata-rata manusia.Kekuatan kecerdasan ,
        fisik dan mental.Kalau di Amerika mereka disebut Yahudi Askhenazi.IQ mereka bisa diatas 180 ,padahal Habibie hanya 150an.
        Merekalah yg menguasai dunia sekarang secara ekonomi,politik,militer dll.

    1. Halo agan erdin, btw komentar agan yang satunya, yaitu copas an dari link diatas saya hapus yah, biar ga menuh-menuhin dan ga jadi duplicate content. Btw jauh sebelum website ini di buat, admin udah menelaah link itu. Sanggahan terhadap semua pemaparan yang ada di link itu sebenarnya ada di website ini. Kalo agan mau search dengan sabar semua nya pasti kejawab secara logis dengan asumsi Flat Earth.

      Namun yang perlu agan tahu, Yayasan National Geographic didirikan adalah yayasan yang didirikan di AS. Gardiner Greene Hubbard menjadi presiden pertama yayasan itu, kemudian dalam perjalanan digantikan oleh menantunya, Alexander Graham Bell (sumber). Alexander Graham Bell masuk kedalam list ilmuan buatan freemason (sumber). Apa hubungannya Freemason sama Flatearth. Website ini sudah banyak membahasnya, dua diantaranya Sejarah Freemason dan Sains Modern dan Rothschild, Penerus Jurus Membangkrutkan Negara ala Freemason

      Kesimpulannya National Geographic juga merupakan alat propaganda atau mind control mereka. Please read juga Metode Propaganda dan Mind Control Elite Global

      Salam

      1. Kalau bumi datar, apakah planet-planet,bulan,dan matahari berbentuk datar juga?, Kalau bentuknya bulat kenapa cuman bumi yang bentuknya datar?

        1. Kalau bumi datar, apakah planet-planet,bulan,dan matahari berbentuk datar juga?

          Jawab : Planet2 masih di pertanykan keberadaannya.

          bulan,dan matahari berbentuk datar juga?

          Jawab : Bulan diperkirakan berbentuk lingkaran seperti disk transparant cek sini, Matahari Yang pasti lingkaran, bulat atau datar belum bisa terlihat, karena sinar matahari yang membiaskan bentuk aslinya.

          Kalau bentuknya bulat kenapa cuman bumi yang bentuknya datar?

          Jawab : Ya bumi memang spesial, ciptaan Tuhan semesta alam. Jadi itu sudah kehendak Nya. So, anda sama aja kaya nanya, Kenapa hidung saya satu sementara mata saya dua ??

      2. Indonesia punya satelit palapa itu gmn ya gan? Kan bank2 indonesia udh ada yg punya satelit sendiri, itu ko langit ga bisa ditembus, satelit mengudara dmn gan?

        1. Soal satelite Palapa udah ada agan lain yang jawab, silahkan cek https://www.melinweb.com/foto-bumi-bulat-teknologi-satellite-vs-teori-bumi-datar/#comment-310.

          Satelite ga ada gan. Kalo agan mau memperhatikan banyak keanehan. Contohnya peluncuran satelite BRI dan Telkom. Videonya sama, cuma beda background, pencahayaan dan logo di roketnya aja (ketahuan editan). Silahkan di tonton!

          Roket memang di luncurkan, setelah roket hilang dari pandangan dan tidak terdeteksi menara BTS (dibuang ke laut) para bank itu disuguhin gambar animasi murahan. Setelah itu, di berikan tutorial/navigasi penggunaan satelite yang katanya diluncurkan itu.

          Satelite ga ada gan! coba agan pikir, kenapa gojek bisa cari alamat di gang sempit, sementara Malaysia Airline MH370 tidak terdeteksi keberadaannya. Jika satelite memang ada, seharusnya akan lebih mudah mencari MH 370 di laut bukan? Namun kenapa tidak ketemu, karena di laut tempat MH 370 hilang, BTS tidak bisa menjangkaunya.

          -Salam-

  4. #sharing #peace
    Inti permasalahannya kan :
    Kalo bumi “datar” berarti di tepian nya itu ada apa? Jurang / apa?
    Gimana kalo ada manusia yg melintasi itu? Dia jatoh gitu?
    Berarti kunci nya ada di antartika kan?
    Yg versi FE merupakan dinding es yg mengelilingi bumi.
    Gimana kalo ternyata dibalik antartika itu bukan ujung/jurang dunia
    Melainkan ada benua/dataran/peradaban lain?
    Dan ternyata “bumi” yg kita ketahui ini “cuma” seberapa % dari bentuk bumi yg sebenarnya?
    #cmiiw

    *berdasarkan apa yg saya lihat/alami dlm kehidupan sih lebih mendukung FE

    Tapi di sekolah di doktrin dgn GE :3

  5. Penjelasan mengenai pembagian iklim matahari ada ga gan mnrut fersi FE?
    Kali matahari beredar kaya gitu (fersi FE) gak brlaku lagi dong garis equator.. Dan antara lintang tinggi utara dan lintang tinggi sealatan berbeda jauh kondisi iklimnya?
    Gimana gan…

      1. Oke gan… Brarti ukuran dan jarak matahari bener” beda jauh ya untuk versi FE.. Jauh lebih kecil n jauh lebih dekat untuk versi FE…
        Brarti kalau bgtu suhu matahari pun jauh lebih rendah y gan? Pernah diukur g tuh suhunya berapa (versi FE)?
        Dan itu juga bisa menjelaskan terjadinya coriolis dan muson gan?

        1. Gini gan, menurut wikipedia dan NASA suhu inti matahari berkisar 15.000.000 °C, Inti luarnya 7.000.000 °C dan permukaannya 6.000 °C. Pertanyaanya apa bener data itu akurat? Bagaimana metode mereka mengukur panas matahari hingga mengetahui sampai ke intinya?

          Angka-angka itu di buat untuk menguatkan dogma bumi bulat, dimana matahari begitu besar, begitu jauh, dan tentunya begitu panas. Sehingga jika menurut FE jarak matahari dengan bumi dikatakan hanya 2.584ml atau 4,159km (Sumber : https://www.youtube.com/watch?v=4Xo7fLgTbnQ) akan terasa tidak masuk akal mengingat matahari digambarkan begitu panas dan bisa membakar bumi karena jaraknya terlalu dekat.

          So sebenernya belum pernah ada orang yang bisa mengukur secara benar berapa suhu matahari yang sebenarnya. NASA yang punya budget triliunan saja masih perlu di pertanyakan bagaimana metode mereka mengukur panas matahari hingga ke intinya. Inget gan ke sampai ke intinya loh (gimana coba ngukurnya?) Apa lagi orang-orang FE yang cuma punya dana terbatas dan pake metode kecil-kecilan untuk mengungkap kebenaran teori FE. Honestly, ilmuan-ilmuan rumahan FE belum pernah ada yang bisa mengukur matahari, dan paling tidak orang2 FE tidak pernah meng claim dan berbohong perihal suhu matahari yang agan tanyain 🙂

          So’al coriolis dan muson ? Admin belum menemukan jawabannya gan. Ga usah 2 hal itu, dari mana asalnya udara / angin pun masih harus admin godog asal muasalnya mengingat dalam teori FE bumi tidak berotasi, apa lagi ber evolusi, dan kalo udah ready pasti di rilis lewat artikel. Tapi kalo mau liat pergerakan angin versi FE agan bisa https://earth.nullschool.net/#current/wind/surface/level/azimuthal_equidistant

          1. Okkee gan… Sklipun mnrut ane itu juga cukup penting penjelasanya, soalny akan banyak mempengaruhi ke yg lainnya…

            Tapi ada satu pertanyaan lagi gan.. Ane udah coba cari diberbagai referensi mengenai kubah bumi (menurut keyakinan FE), itu gmna gan penjelasanya?
            Atau mnrut FE karna ada kubah bumi jadinya meteorid juga hoax gan?

  6. Ane pengagum kebenaran, teori fe udah membuat mata saya terbuka lebar dan saya merasa dungu sewaktu sekolah karna di bodohin, buat apa jadinya sekolah klo bentuk bumi aja di bohongi. saya pernah diskusi sama Tmn saya yg s2 lulusan tekniklah secara saya cuma sampe d3 dan dia jwb ga usah dipikirin ( hadeeeh ) tapi roh saya akan selalu penasaran mencari bukti2 , semenjak saya Tau bumi datar saya selalu mencari bintang utara dan rasi2 binatang yg lainnya.

    saat ini Lokasi tempat tinggal saya di Osaka jadi saya ada kesempatan melihat bintang utara itu yg tdk bergerak menurut fe , memang dari 2 minggu ini saya terus perhatikan bintang yg paling besar ukuran nya cahayanya paling bersinar dibanding bintang yg lain. saya curiga dengan bintang yg satu itu. sementara bintang yg kecil lainnya berubah posisinya. tulisan ini saya buat bukan untuk membuat rekan pembaca merasa saya bagian dari fe , tapi akal sehat saya merasa apa yg di Jabarkan fe lebih masuk akal. contoh sederhana nya saja meteor saja bisa hancur lebur masuk bumi kita , masa roket buatan manusia tdk hancur ngelewatin atmosfir bumi.

    fakta ini saja tdk bisa dibantah lho meteor ciptaan Tuhan roket ciptaan manusia. sekarang memang masih banyak fakta yg belum terungkap untuk menggulingkan ellite global karna kunci fakta bumi di jaga di antartika. kita dikurung supaya tdk ada yg Tau ( sial ) , oh ia dsini saya jg mau kasih Tau kpd agan2 Tau “BRISAT” kan yg baru2 ini diluncurkan untuk mendukung BRI yg katanya bank pertama di dunia punya satelit ( hoax ) , jika benar elit Indonesia jg ikut bermain maka kita netizen cuma bisa meratapi kezoliman sebagai rakyat. ayok kita yg punya hati jujur mencari kebenaran sama2 mencari fakta untuk mendukung fe terlebih menjatuhkan elit global dengan people Power. cuman itu satu2 nya cara untuk merubah peradaban manusia di bumi ke arah yg lebih jujur. bukan membodohi tapi mengajarkan yg benar.

  7. Mungkin Bisa ditambahkan gan,posisi Dan gambaran matahari tidak lah bola gas super besarbdengan letupan nyala api jutaan kilometer semburannya , dengan dikorelasikan hadist dari HR Muslim & Miqad

    Apabila kelak pada hari kiamat matahari didekatkan hingga tinggal berjarak satu atau dua mil, mereka dibakar oleh terik matahari sehingga berkeringat sesuai dengan amalan mereka; ada yang tenggelam dalam keringatnya sendiri hingga dua tumitnya, ada yang sampai pinggangnya dan ada juga yang tenggelam sapai di atas mulutnya.
    (HR. Muslim dari Miqad)

    CMIIW

  8. gini gan ,klo yg d jaga militer tdi kan kutub utara & selatan ,nah bgamana dgn batas bumi yg lain ? ,kan ktanya tdi bumi itu bntuknya kya disk ,pangkal /tepian nya kan cuma bukan utara&selatan ,bgmana dgn pangkal2 tepian yg lain ? ,apakah d jaga militer juga atau gimana ? ,ane muslim & ane setuju klo matahari lah yg beredar bkan bumi

    1. Pahami lagi gan ya gan! Liat lagi peta bumi datarnya, perhatikan mana yan dimaksud kutub utara dan selatan. Yang di jaga cuma di kutub selatan, karena kutub selatan / Antarctica adlah ujung dunia 🙂

  9. gua pendukung teori FE, iya bener banget gua udah paham seluruh 11 video nya termasuk video bonus nya.
    TANDA BAGI ORANG” YANG BERPIKIR. 🙂
    tapi jangan semuanya kudu dibenerin. pasti gak 100% bener. namanya juga kan manusia. pasti ada kesalahannya.
    terutama pada video flat earth yang ada benda selestial itu gan, itu kek nya benaran hasil lens kamera. soal nya gua udh coba dilampu rumah ane. sama bener kek benda selestial yang ada di video FE itu, coba aja sendiri gan. itu aja sih kalo menurut saya yang salah di video agan BOSS DARLING.
    tapi keseluruhannya gua SETUJU THE EARTH IS FLAT.

  10. alhamdulilah pemahaman ini mulai di mengerti dan semakin mantepp
    Meski di sangka lagi mimpi, atau orang bodoh gak papa lah..

  11. Kalau Bumi datar, seharusnya matahari akan terlihat lebih besar saat tepat berada diatas kita. dan akan terlihat lebih kecil saat menjauh di pagi dan sore hari.

      1. Matahari versi FE seharusnya menjauh ke barat arah kanan ya Gan? Tapi bukannya mengecil ketika kita lihat sunset di laut, melainkan tenggelam juga dg ukuran relatif sama.

        Gan, bisakah seandainya diskusi tentang FE atau GE itu mengesampingkan dulu konspirasi/menjelekkan Profesor sedangkan kita S1 aja lulusnya kembang kempis, menuduh begini-begitu pihak lain? Emang nggak takut dosa kalau yg kita tuduhkan ternyata tidak benar? Dan diskusi ilmiah seharusnya tetap membuka peluang bahwa mungkin teori yg kita sampaikan juga salah. Kata “mengungkap kebenaran” seolah-olah kitalah yang mutlak benar dan pihak lain salah.

  12. Satu lagi, saya sempat tinggal di Norwegia selama 2,5 tahun di tahun 2012 sampai 2015. Tepatnya di kota Kristiansund (Mid Norge). Saya mengamati beberapa fenomena alam di empat musim. Namun yang lebih mencolok perbedaannya hanya di musim panas (summer) dan musim dingin (winter). Pengamatan saya diantaranya:
    1. Pada Bulan Juli (musim panas) Matahari hanya terbenam kurang dari dua jam kemudian terbit kembali. Ditengah hari, matahari bisa berada hampir diatas kepala (tidak tepat tegak lurus dari tempat bepijak). Berarti pergerakan matahari pada prinsip bumi datar, tidak relevan dalam arti matahari tidak bergerak pada orbit yang tetap. Bertentangan dengan Firman Allah SWT dalam Surah Yaasiin ayat 38

    “Dan matahari berjalan di tempat peredarannya. Demikianlah ketetapan Yang Maha Perkasa lagi Maha Mengetahui.”

    karena…
    2. Pada Bulan Januari (musim dingin), Matahari hanya terlihat 4 – 5 jam saja kemudian terbenam. Dan sudut tertinggi naiknya matahari tidak lebih dari 30 derajat dari tempat saya berpijak.
    3. Saya mengalami beberapa kali penerbangan pulang pergi ke Jakarta dengan menggunakan dua maskapai penerbangan dengan rute berbeda.
    – Qatar Airways, rute Oslo – Doha – Jakarta
    – KLM, rute Alesund – Amsterdam – Kuala Lumpur – Jakarta.
    Silahkan anda simulasikan dengan menarik garis lurus antar detinations dengan menggunakan Flat Earth dan Globe Earth. Mana yang lebih masuk akal.

    Sebagai tambahan, dimalam hari saya sering memperhatikan bintang-bintang di langit norwegia yang terlihat lebih banyak dan lebih jelas karena kota tempat saya tinggal minim cahaya lampu kota tidak seperti Jakarta. Dalam beberapa kesempatan saya melihat pergerakan satu bahkan dua bintang sekaligus bergerak membuat garis lurus beberapa saat kemudian berhenti (tidak konstan) dan diantaranya ada yang bergerak konstan dalam satu garis lurus. Dan saya yakini itu bukan lampu pesawat.
    Wallahu A’lam Bishawab.

    1. Koreksi ya gan, dalam versi bumi datar cara matahari mengorbit terhadap bumi memang dinamis, jadi memang tidak tetap namun teratur sesuai dengan waktu pada garis edarnya. Ada garis edar yang disebut Tropic of Cancer dan Tropic of Capricorn. Ini yang dimaksud dalam Al Qur’an sebagai matahari yang berjalan pada garis edarnya. Sehingga dari sinilah terjadinya pergantian musim di bagian bagian belahan bumi yang berbeda-beda dan di waktu yang berbeda.

      Mungkin artikel ini https://www.melinweb.com/fenomena-siang-dan-malam-24-jam-di-kutub-selama-6-bulan-hoax-atau-fakta/ bisa memberikan pencerahan.

  13. Menurutku, FE lebih masuk akal. Tentang planet-planet yg ada namun tak dapat dihuni, kalo direnungin lagi, bukannnya Tuhan (Allah swt) menciptakan segala sesuatu pasti dengan tujuan? Ada manfaatnya. Terus buat apa Tuhan menciptakan planet-planet kalo tidak ada manfaatnya untuk makhluk hidup lainnya? Setelah nonton video FE aku juga jadi meragukan keberadaan planet-planet. Karena kalo yang jelas jelas disebut dalam al qur’an hanya matahari, bumi, bulan, dan bintang. Salam kenal people power , tetuslah berjuang mencari kebenaran 😊😊😊

  14. Saya muslim dan sudah menonton video youtube tentang argumen Bumi Datar dan Bumi Bulat.
    Dan yang lebih masuk akal di fikiran saya cuman Bumi Datar. Kenapa?

    1. Katanya NASA memperhatikan, mempelajari dan memahami pergerakan benda-benda langit diluar angkasa (Planet, Matahari, Meteor dll). Tapi kok pas ditanya soal gerhana bulan/gerhana matahari masih menggunakan teori lama (Teori yang dipelajari muslim dari jaman dahulu)?

    2. Katanya ada banyak satelit di luar sana yang sudah diluncurkan. Dan ada Live Streaming dari salahsatu atau ada beberapa satelit di angkasa. Pertanyaannya, kok ga ada yah kelihatan satelit-satelit lainnya di dalam video itu?

    3. Kalau emang teori tentang Bumi Bulat itu benar, dan teori tentang Bumi Datar itu salah, kenapa mereka menyembunyikan sesuatu di Kutub Selatan? Kenapa mesti dijaga oleh beberapa negara? Apakah ada negara penganut agama islam disana? (Bukan berarti saya tidak percaya sama agama lain yah)

    4. Pertanyaan yang selalu saya tanyakan dari masih SD sampai sekarang dan belum ada penjelasan lengkapnya adalah Negara Indonesia berutang pada siapa? Bukan cuman indonesia sih, tapi ada beberapa negara lain di dunia.

    5. Jika pemberi utang tersebut menagih semua utang-utang negara di dunia, mau dia apakah uang tersebut?

    6. Saya juga telah membaca dan menonton video di youtube tentang menekan peradaban manusia hingga cuman 5jt jiwa. Itu untuk apa? Untuk menghilangkan kepercayaan kita terhadap agama dan Allah SWT? Sudah ada jawabannya juga di website-website.

    So, kesimpulan diatas. Saya lebih percaya sama isi Al-Qur’an dan Hadistnya. Karena ada beberapa bukti dan hampir seluruh isi Al-Qur’an itu sudah ditemukan kebenarannya. Saya tidak percaya sama yang namanya NASA, CIE dll. Ada juga yang pernah saya baca soal YAHUDI ingin menguasai dunia, dan orang YAHUDI itu bukan orang biasa, mereka pintar dalam ilmu sains dan matematika. Dan dapat memutar balikkan fakta yang ada (Mereka Berbohong demi kepentingan umat mereka).
    Thanks

    1. Adakah kemungkinan jawaban dari item NO 3 adalah apa yg terkandung dalam kisah ini ???

      ” Rasulullah SAW bersabda :
      Sesungguhnya di balik Jabal) gunung (Qof) terdapat sebidang tanah putih yang tiada tumbuhannya. Luas tanah itu seperti tujuh kali dari luas dunia, disana penuh sesak & dipenuhi oleh para malaikat. Sehingga apabila sebilah jarum dijatuhkan dari atas niscaya terjatuh diatas salah satu dari mereka &tiap-tiap tangan mereka memegang bendera yang panjangnya 40 farsakh. Tiap bendera tulisannya.
      LA ILAHA ILLALLOH MUHAMMAD ROSULULLOH.Setiap malam jum’at, mereka berkumpul dan mengelilingi Gunung itu untuk merendahkan diri kepada Allah, dan memohon keselamatan untuk umat Muhammad SAW. Jika fajar subuh sudah tiba, mereka berdo’a : Ya Allah, ampunilah orang yang mandi hari Jum’at dan yang datang menghadiri Jum’at. Mereka berdo’a dengan suara tangis yang sangat keras.
      Lalu Allah berfirman : Hai Malaikatku ! Apa yang kalian kehendaki ?
      Mereka menjawab : Kami berharap, engkau mau mengampuni dosa umat Muhammad SAW. Aku telah mengampuni mereka, jawab Allah SWT.

      Sebagian pendapat para Ahli Wilayyah juga mengatakan bahwa di Jabal Qof itulah tempat dimana para Wilayyah )wali( dinobatkan ke-Waliannya.
      Jabal Qaf yang dicipta oleh Allah dari zamrud yang hijau itu adalah bukit yang mengelilingi ke segenap penjuru pada urat bumi agar bumi tidak bergerak bergoncang dan ia dijaga oleh satu malaikat yang besar, kekar dan kuat.

      Pada suatu hari Sayidina Iskandar Zul-Qarnain naik ke atas Jabal Qaf dan bertanya: “Hai Jabal Qaf, di bawahmu ada sejumlah bukit-bukit kecil, coba ceritakan kepadaku kekuasaan Allah yang demikian itu”, jawab Jabal Qaf: “Di balik saya ada bumi yang berjarak 500 tahun perjalanan ditambah pula oleh Allah yang memiliki kekuasaan yang sangat besar yakni 500 buah bukit yang dijadikan dari air yang dibekukan, bukan es atau salju. Dengan air yang dibekukan dimaksudkan sebagai daya tahan terhadap lapisan-lapisan bumi agar tidak habis / hancur terbakar oleh kedahsyatan ganasnya api neraka yang ada di bawah lapisan bumi yang terbawah”.

      Saya rasa ada cluenya disitu jika di kaitkan dgn peta dari kuil jepang itu dan pada ilustrasi ”mandala yantra” …
      Coba deh sedikit di amati…

      https://www.melinweb.com/wp-content/uploads/2017/05/mandala-yantra-ilustration.jpg

      https://www.melinweb.com/wp-content/uploads/2017/05/flatearth-model.jpg

      sepertinya ,, ada ”sesuatu” di kisah itu dan ilustrasi mandala yantra tsb..

  15. Kalau bumi datar, arah kiblat akan berbeda dengan yg ada sekarang, kiblat saat ini adalah hasil dari perhitungan ge, coba bandingkan dari peta fe utara dan kabah membentuk sudut berapa, lalu lihat kompas, utara dan kiblat saat ini membentuk sudut brapa..

  16. Theory FE menurut saya masih jauh untuk bisa dipercaya secara logika..

    Banyak logika alam yg akan bertentangan, mulai dari Medan magnet bumi, gaya gravitasi yang berada pada pusat benda,, siang dan malam..

    Jika FE benar,,akan matahari akan mengecil tetapi tidak tenggelam dan tidak terbit,, dan bisa di teropong walau malam hari seperti bintang bintang,,

    Tetapi nyatanya matahari terbit dan terbenam (menghilang/ amblas ke bawah, dan muncul dari bawah) bukti bahwa ada yg berotasi di atas dan di bawah bumi.. entah bumi nya yang berotasi,, atau matahari nya yg keliling di atas dan bawah bumi

  17. Berarti kalo kita pakai peta bumi datar kalo ada kapal yg datang. Awalnya kita yg dari darat bisa liatnya dari samping trus baru sampai ketempat tujuan?

  18. Ada satu hal lagi tentang kutub magnet, magnet selalu memiliki dua kutub, kompas selalu menunjuk pada kutub utara bumi, pada GE kutub magnetnya ada di kutub utara dan kutub selatan, nah di fe apakah kutub utara ada di tengah2 dan kutub selatan ada di pinggiran/ melingkar di skeliling bumi? Nampak tidak masuk akal ada jenis magnet seperti itu..

    1. Dalam teori FE, Kutub Selatan Magnet bumi ada di sisi atas Artik, maka dari itu jarum kompas menunjuk ke arah utara. Sementara itu Kutub Utara magnetnya ada di sisi bawah lempengan bumi (dibagian bawah Artik). Bayangkan pada lempengan bumi yang datar, ada magnet yang tegak lurus (vertikal) dibagian tengahnya mengisi ketebalan lempengan bumi.

      Dalam teori FE, Antartika tidak mengandung medan magnet apapun. Makanya jarum kompas tidak dapat bekerja dengan baik, di karenakan terlalu jauh dari Artik.

      -Salam-

      1. Oh jadi magnetnya itu nancep ya ke bawah tanah, yg muncul magnet selatannya doang..
        Bisa kasi bukti ga gan kalau di antartika kompas jadi kacau? Atau ga ada medan magnet? Thanks

        1. Prinsipnya, di Antarctica (Geographic South Pole) kompas magnet tidak bisa bekerja dengan baik dan harus dimodikasi untuk bisa bekerja. Btw, perlu diingat bahwa ada dua definisi kutub selatan. Ada yang di sebut kutub selatan geografis (antartika), ada juga yang di sebut kutub selatan Magnet bumi. Kami yakin agan paham.

          … Magnetic compasses must be modified for use in high polar latitudes by re-weighting the needle. As the compass gets closer to the South Pole, the south-seeking end of the needle is pulled downward toward the earth and will drag on its enclosure unless the proper non-magnetic counterweight (copper wire) is added to the north-seeking end.

          Field parties must be careful of localised magnetic variations. On Ross Island, for example, magnetic compasses are unusable because there is so much iron in the rock. Likewise, compasses are also affected by the metal in vehicles. Bearings must be taken well away from such disturbing influences. Navigation with a magnetic compass over long distances is difficult because the magnetic variation (the difference between magnetic and true north) is so high, and changes significantly over short distances. Field parties may elect to travel by using a Grid North system, versus a magnetic or true-north system. Using a compass is an accurate way to determine bearings. Using an astrocompass (in conjunction with an artificial horizon) is a good way to fix your position. This method requires an accurate chronometer and extensive knowledge on how to use navigational tables to get good results.

          Polar exploration was one of the fields in which the astrocompass saw the most use, for the reasons described above. An astrocompass was the most reliable way to ascertain the direction of true north through the positions of various astronomical bodies …

          Sumber : http://www.antarctica.gov.au/living-and-working/stations/mawson/this-week-at-mawson/2013/1-november-2013/2 (Situs pemerintah Australia)

  19. Teruskan admin, kebenaran dan fakta harus diungkap.
    GE itu fitnah nyata dajjal

    Saya meyakini FE dari bukti bukti nyata, dan adanya yajud majud yg dikurung disana

  20. Hukum fisika adalah konsentrasi nyata/ fakta dari hukum pasti !!
    ..
    untuk apa semua negara” di dunia hanya bisa jadi penonton saja !?

  21. Assalamunhalaikum semuanya,
    Cara paling gampanhnya, Anda bayangkan naik heli dan diam diatas pohon besar selama 3 jam saja!
    Jika BUMI BEFOTASI maka posisi pohon sudah berubah dari acuan anda, Karena menurut ilmuan barat dalam waktu 3 jam saja, bumi sudah berutar, berpindah posisi karena mengitari matahari. Bahkan dalam 3 jam saja kata mereka bumi sudah berputar berapa derajatdan bergerak .
    TAPI pasti pohon itu tetap diam karena bumi ini sesungguhnya DIAM!!!

  22. Saya doa kan komunitas FE hidup sampai hari kiamat, dan bisa langsung bertanya kepada nabi isa, atau imam mahdi, atau sampai mencari syafaat, jadi yg muslim bisa lngsung bertanya kepada nabi Muhammad Saw ,, atau Salah seorang dr FE ada yg masuk syurga , jadi bisa bertanya langsung kepada Allah swt, amiiinnn 😄

  23. “Dan matahari berjalan di tempat peredarannya. Demikianlah ketetapan Yang Maha Perkasa lagi Maha Mengetahui.”

    Dari ayat tersebut pada kalimat yang mana yang menerangkan bahwa matahari mengelilingi bumi. Semua benda angkasa termasuk bumi bergerak/mengapung di angkasa. Semuanya bergerak mengelilingi Arsy Allah. Arsy Allah-lah pusat alam semesta.

  24. Komentar saya mana ini kok ilang ?? Komentar ku yg perlu dijawab ilang, mlah yg gak bagus dibiarin,, kalo bumi datar, ayok kita nanti malem liat matahari, diteropong tuh mataharinya keliatan kagak, trus lagi dinegara mana 😂😂

    1. Mungkin yang sebelumnya, masuk ke box “spam” Belum lama ini momod abis bersih-bersih. Btw agan pake 2 nama user yang berbeda dan kemungkinan besar dihapus karena komen agan melanggar aturan.

  25. Sbnrnya ini mslah gmpang… Antarctica lah kunci segalanya…bumi tu dh psti dtar…gaada gravity…smua hoax yg dbuat hnya untuk kprluan politik dan mncapai tjuan mreka…novus ordo seclorum…mangat trus fe indo moga dpt teori bru yg msuk akal lg…

  26. Bumi boleh datar, bumi boleh bulat… Yang penting kita jgn anti thdp segala kemungkinan, bisa jadi apa yg kita yakini dari kecil salah. Bisa jadi yg kita caci &tertawakan adlh kebenaran

  27. Maaf ada yg ingin saya tanyakan? brp kecepatan matahari dan bulan yang mengelilingi bumi? apakah kecepatan matahari dan bulan sama?

    1. Jika di ukur dalam KM/jam, kami belum punya data Valid soal itu. Namun jika mau tau perbandingan kecepatan bulan dan matahari, kita bisa mengukurnya dari waktu tempuh dengan mengacu data dari wikipedia.

      Waktu tempuh matahari (Solar Day) : 24 Jam (1 Putaran)
      Waktu tempuh bulan (Lunar Day) : 24 Jam 50 Menit (1 Putaran) sumber (https://en.wikipedia.org/wiki/Lunar_day) cek bagian “Alternate usage”

      Kesimpulannya waktu tempuh Matahari lebih cepat dari Bulan dalam mengelilingi Bumi. Untuk Lebih detail liat pembahasan https://www.melinweb.com/bulan-pada-bumi-datar/

  28. gara” FE saya jadi googling cari tau kecepatan bumi mengelilingi matahari, dan ternyata kecepatannya fantastis yakni 107.000 km/jam, pesawat di angkasa harusnya terhempas jauh dari bumi, namun lagi” karena gaya gravitasi bumi, nah yang buat bingung ketika ada angin puting beliung kenapa gaya gravitasi bumi tidak bisa mempertahankan benda” yang terangkat oleh angin tersebut yang notabene tak seberat pesawat terbang ya, sementara kecepatan angin paling tinggi berapa sih, yang GE mohon pencerahannya deh

  29. utara ditengah, selatan mengarah keluar, arah timur barat keliling???
    bwehehehe

    matahari berkeliling mengitari titik utara??

    pake asumsi titik x,y : ada -x,y x,y x,-y ada -x,-y

    akan menjadi kebalikannya terbit matahari di titik -x,y dg titik x,-y

  30. bintang utara selalu tetap di utara apakah bintang utara tidak bergerak?

    sementara bintang selatan bergerak?

    bumi tidak bergerak, bintang utara tidak bergerak..
    apakah posisi bumi datar & miring?
    dg asumsi bintang selalu diatas & tidak bergerak.

  31. paham FE /bumi datar jelas pikiranya tertinggal 100 tahun yg lalu, ibarat orang sudah pada pake Hp android di era moderen dia masih setia dengan Hp lama sekelas Nokia 3315,
    tak ada yg bisa dibenarkan bukti penjelasan FE di era moderen semua jauh dari fakta, mungkin bisa di percaya paham FE jika anda mau kembali di tahun 1900 an, karna wajar masa itu kemampuan manusia ya masih terbatas itu.

    1. Dulu admin juga berpikir hal yang sama seperti agan. Menganggap pemahaman FE adalah hal yang jadul dan kuno. Saran kami cobalah buka pikiran, sediakan waktu untuk menelaah lebih dalam. Pahami sejarah dan latar belakang mengenai bentuk bumi ini, buka kembali kitab suci anda, cocokan apa yang menjadi pemahaman FE dengan fakta dilapangan, Kami yakin akan ada perubahan dari prinsip yang agan pegang sekarang.

      -Salam-

  32. bila kalian Muslim, kenapa kalian masih meragukan dengan matahari mengelilingi bumi, padahal itu udah jelas dalam Kitabullah Alquran dalam Surah Yasin ayat 37-38, bahwa matahari berjalan diatasnya, berarti menandakan bahwa bumi datar, matahari dekat dan matahari kecil. tidak seperti yang di katakan oleh NASA, NASA itu Kafir, kalau kalian percaya NASA dan tidak percaya atas ayat ayat Allah, maka kalian termasuk orang-orang yang kufur atas Alquran.

    #Salam_dari_Flat_Earth_Sukabumi_Admin

  33. kebenaran yg hakiki tentu milik tuhan, namun sebagai manusia yg berakal tentu akan mempercayai suatu kebenaran bukan sekedar asumsi taupun lisan semua butuh pembuktian untuk mewujud kan kepercayaan yg kuat,
    untuk membuktikan FE vs GE mna yg lebih real dan benar , jika anda masih berpijak di bumi tentu akan mengira matahari lah yg berputar begitupun sebaliknya, maka dari itu cobalah berada ditengah antara mereka untuk membuktikan mna yg sebenarnya berputar dngan kemampuan manusia era moderen yg sudah mampu lepas terbang dri pijakan bumi membuktikan kebenaran bahwa bumi berputar pada porosnya dan berjalan mengitari matahari hingga terjadinya perubahan putaran waktu dari jam siang malam bulan hingga tahun, jelas paham FE yg lama sudah di patahkan dengan bukti fakta kemampuan manusia moderen,
    meski ada kebohongan NASA dalam penginjakan kaki nilamsrong di bulan,
    terjadinya gerhana bulan dan matahari terjadinya perubahan musim juga penamggalan bukti bahwa BUMI BULAT dan BUKAN DATAR.

    1. Orang mengatakan bumi itu menjadi bulat dan berotasi, Lalu dikuatkan dengan asumsi gravitasi. Tapi apa iya gravitasi itu benar adanya ? Karena saat ini kita tetap bisa berdiri dgn kaki kita, kalaulah benar seharusnya seluruh badan kita sdh menjadi tipis dan seakan menyatu dgn bumi karena tertarik gaya itu. Atau setidaknya kita perlu tenaga yg luar biasa besar untuk melawan gaya gravitasi sehingga bisa berdiri ataupun berjalan dimuka bumi. Logika kita diajak untuk meyakini gravitasi itu benar, karena sungguh tidak mungkin bisa berjalan dengan tegap dan seimbang dipermukaan yg bulat meski terlihat datar.
      Jika iya bumi berputar dengan sedemikian cepatnya, kenapa kita tidak merasakan dampak semisal angin yg terbentuk dari putaran (bayangkan anda naik mobil dgn kecepatan 100 km/jam, buka jendela mobil anda, pasti anda akan merasakan angin yg kencang akibat pergerakan mobil, bayangkan jika anda berada diatapnya). Saat ini kita sedang berada dipermukaan bumi yg sedang berputar bukan?

      Saya belum percaya sepenuhnya bumi datar karena blm bisa memastikan dgn mata sendiri mengelilingi antartika, tapi secara logika dan pengetahuan saya yg sangat terbatas, flat earth lebih logis dan lebih mudah diterima nalar dibandingkan globe.

      Salam hangat gan…

  34. BUMI DATAR itu paham jaman dahulu sebelum adanya teknologi moderen wajar saja karna keterbatasan pandang dan ilmu di jaman itu,
    BUMI BULAT paham moderen dengan kemampuan akal manusia yg makin bertambah terciptalah teknologi moderen yg membantu pandangan manusia dari atas bumi dan membuktikan ternyata BUMI BULAT,
    tinggal agan percaya mana mau kembali ke masalalu fersi BUMI DATAR,
    apa melanjutkan hidup sekarang di era BUMI BULAT,
    apa mau nunggu fersi masa depan yg mungki saja ada paham BUMI KUBUS, hheee monggo pilih.

    1. Walaikumsalam …
      Itu di artikel udah jelas mba’e !

      … Matahari beredar ke arah barat, artinya matahari berjalan mengelilingi bumi seperti arah jarum jam …

      -Salam-

      1. `iyah maap kak,tapi kalo matahari beredar ke arah barat lalu kenapa matahari terbit dari sebelah timur?
        Maap yah kak aku memang kurang paham maksudnya.wkwkwk….

        1. Mba harus mengerti dulu perbedaan asumsi arah mata angin FE dan GE! Well perhatikan gambar berikut !

          Bisa mba lihat, pada FE arah utara selalu menunjuk kebagian tengah bumi (Kutub Utara) di mana pun posisi kita berada. Untuk itulah, perjalanan dari timur ke barat membentuk lingkaran searah jarum jam. Oleh karenanya matahari selalu muncul dari timur, karena matahari melakukan perjalanan ke arah barat.

          Pelajari juga perbedaan asumsi yang lain, di https://www.melinweb.com/perbedaan-asumsi-bumi-datar-dan-bumi-bola/

          -Salam-

  35. Sejak jaman dahulu manusia menggunakan bintang sebagai patokan arah dalam perjalanan manusia, khususnya para pelaut. Bintang jadi patokan arah, itu artinya posisi bintang tetap.
    Bayangkan jika bumi itu berputar pada porosnya dan sekaligus beredar mengitari matahari, pastilah rasi bintang tidak akan tetap dan tidak bisa digunakan sebagai patokan arah mata angin. Oleh karena itu saya sangat yakin kalau bumi adalah diam, sedangkan yang beredar adalah matahari dan bulan, seperti yang disebutkan di dalam Al-Qur’an (QS. Yasin : 37-40).

    1. Menurut sejarah yang kami tahu satu-satunya orang yang pernah melewati tembok Es Antartika adalah Admiral Richard E. Byrd. Dalam wawancaranya di media Chile, ia mengatakan

      … ada wilayah seluas Amerika Serikat yang belum pernah dilihat oleh orang lain, letaknya di bagian lain Antartika …

      Cek juga peta yang di temukan di sebuah kuil di jepang yang di buat sekitar 1000 tahun lalu, untuk lebih jelas silahkan baca Mengungkap Antartika

  36. Terima kasih banyak, artikelnya sangat membantu saya belajar, min. Dulu masih sempet sinis juga pas tau FE booming. Pertama iseng nonton channel BD FE101 di yutub. ‘Kok make sense yah’, batin saya. Akhirnya malah keterusan nonton episode berikutnya sampe tuntas. Kemudian gugling lagi akhirnya nemu website bermanfaat ini.
    Keep telling the truth, min.
    Semoga selalu dilindungi Allah.

  37. Bang admin kalau matahari mengelilingi bumi,bukannya itu berarti penanggalan masehi itu salah,kan penanggalan masehi dihitung dari revolusi bumi,tapi faktanya matahari yang ngelilingi bumi,jadi gimanatuh bang?.
    Apakah selyruh penanggalan yang selama ini jadi panutan itu salah?,tolong di jelaskan ya bang!

    1. Yes selama ini Dogma yang di beritahukan ke kita mataharinya diam, bumi nya lah yang berputar (berevolusi). Oleh karenanya penanggalan Masehi di definisikan berdasarkan revolusi bumi terhadap matahari.

      Nah dalam pemahaman FE, matahari lah yang beredar sementara buminya diam. Maka dalam FE pemehamannya jadi seperti ini :
      Tanggal Masehi : berdasarkan revolusi matahari terhadap bumi
      Tanggal Hijriyah : berdasarkan revolusi bulan terhadap bumi

      Salah atau benar Admin kembalikan kepada keyakinan masing masing, silahkan cari tau sejarah bagaimana terciptanya proses penanggalan Masehi dan Hijriyah. Berikut admin recomendasikan bacaan yang cukup menjelaskan sejarah penanggalan masehi dan hijriyah.

      http://sultanconan.blogspot.co.id/2015/05/sejarah-penanggalan-masehi-nama-bulan.html
      http://sultanconan.blogspot.co.id/2015/08/sejarah-penanggalan-kalender-hijriyah.html

      Kalo admin lebih memegang akurasi penanggalan pada perhitungan peredaran bulan (Hijriyah). Sesuai dengan firman Allah di surat At Taubah (36-37)

      Kesimpulannya, atas dasar wahyu tersebut rasulullah menetapkan bahwa kalender yang benar tidak lagi bergantung kepada perjalanan Matahari, melainkan menggunakan kalender qamariyah murni (perjalanan bulan atau Hijriyah)

      Oleh karenanya kita menyebut penamaan “bulan” sebagai kumpulan 30 hari yang berurutan.
      1 bulan 30 hari dan bukan 1 matahari 30 hari
      Perhtitngan Hijriyah terbilang lebih tepat, pasalnya setiap tarikh 15, pastilah terjadi bulan purama, dan terkait dengan perubahan musim, penanggalan hijriyah juga lebih akurat,

      Well, Lakum di nukum Waliyadiin …

  38. Salam dari jogja,

    dari sebelum viralnya bumi datar, saya sebenernya uda memiliki pemikiran janggal tentang rotasi bumi. tapi saya belum sepenuhnya mempercayai teori bumi datar yg saat ini beredar. saya lebih percaya jika bumi dan langit selayaknya garis yang sejajar (menurut penafsiran pribadi dr AQ) ^^v

    mungkin seperti ini
    ———————————————————————————— langit
    O matahari O bulan
    ————————————————————————————bumi

    saya tidak tau ujung nya seperti apa, belum terbayangkan, hehehehe
    okay lanjut ke pengalaman,

    1. jika kalian sering perhatikan, dari dulu saya bocah sampe sekarang kuliah ada 3 bintang sejajar di langit yang tidak pernah berubah maupun bertukar posisi. dari situ saya sering perhatikan, seperti yg saya alami bahwa tidak ada pergeseran signifikan dari posisi ketiga bintang tersebut. ketika itu saya perhatikan waktu “magriban”, kemudian saya perhatikan lg ketika “subuhan”. bagi saya sangat janggal, karena rentang antara magrib ke subuh ada sekitar 10 jam, dan seharusnya ada pergeseran jauh seandainya memang bumi berputar. okay itu yg pertama

    2. kedua, saya adalah pendaki amatiran. sebagai informasi saja, ketika di atas gunung pada siang hari cerah maka kalian akan merasakan panas sekali. seharusnya kalau matahari itu jauh dan jaraknya jutaan kilometer, tidak akan berpengaruh, wong saya cuma mendekat beberapa kilometer saja. dan sekali lagi ini bagi saya membuktikan bahwa matahari itu dekat.

    terakhir saya sedang menggali informasi tentang ya’juj ma’juj.
    sejauh yg saya ketahui, makhluk ini di kurung di balik “tembok”, yang setiap hari mereka runtuhkan namun kembali seperti semula, hingga mereka mampu meruntuhkan di akhir zaman, dan mereka langsung berbondong2 menghabiskan seluruh air di samudera.

    “cocoklogi” saya, apakah mungkin tembok yang di maksud adalah antartika, yg setiap siang hari mereka gali, dan kembali membeku pada malam hari. sampai suatu ketika “mungkin meleleh akibat panas” bisa jadi “global warming” atau teori semakin mendekatnya matahari pada akhir zaman. dan akhirnya mereka keluar melalui “tembok” tersebut dan berenang ke daratan sekalian menghabiskan air yg ada di laut dan menyerang manusia??? hehehehe mungkin admin bisa ngasih referensi untuk yg satu ini.

    terima kasih

    salam ^^v

  39. 1. kalau bumi datar seharusnya saya bisa lihat puncak everest dan burj khalifa dari atas atap rumah saya

    2. kalau bumi datar seharusnya tidak akan pernah ada malam hari karena sinar matahari akan menyebar ke seluruh kubah selestial, karena kubah itu ibaratnya atmosfer nya kan? dan kalau langit bisa gelap itu artinya bumi tidak memiliki atmosfer

    3. kalau bumi datar seharusnya tidak akan pernah ada antartika karena es di sana akan tertarik ke tengah bumi semuanya

    1. 1. Pelajari lagi persoalan Perspektif, dan ingat manusia cuma mampu memandang sejauh 3-4 km. Silahkan tengok https://www.melinweb.com/benarkah-kapal-tenggelam-di-horizon-menandakan-bahwa-bumi-ini-bulat/

      2.Pahami lagi perbedaan asumsi GE dan FE salah satunya mengenai ukuran benda-benda langit. Untuk lebih singkat silahkan kunjungi FE FAQ bab pergantian siang dan malam.

      3. Pada FE antartika adalah dataran setinggi 4000 m yang menyerupai tembok es mengelilingi bumi yang berbentuk cakram. So, Antartika dalam arti benua memang tidak ada di pemahaman FE

      -Salam-

  40. Satelit really hoax….
    Dan bullshit….
    Kemana MH370 …???
    Knp ga ada rekaman satelit yg bisa mendeteksi keberadaan itu…
    Yg ada hanya asumsi….hahha…lagi2 asumsi…
    Ingat dlm mh370 ada penumpang indonesia juga…???
    Ribuan satelit punya teknologi tinggi…ribuan atau sudah jutaan saya ga tau … Ga mau tau…
    Hoax lah satelit itu…
    Gaya doang foto satelit bencana di palu pasca …. Pasca garisbawahi…
    Pas lg kejadian gmn???
    Jepang tsunami gimana ??? Msh banyak korban kan???
    Hanya pesawat dan helikopter yg mengamati lonjakan air laut…
    Live streaming satelit itu hanya drone…titik
    Klo citra satelit benar….MH370 saat dinyatakan hilang selisih waktunya cukup utk mencari jejak rute penerbangan mh370 itu…ga ngandelin radar dan sebagainya sebagainya….
    Itu musibah nyata terhadap teknologi…bukan musibah alam…
    Mikir lg deh klo satelit itu emang ada…????
    Teknologi hoax tentang satelite ….

  41. Maaf ikut nimrung. Saya percaya bahwa bumi itu datar karena bukti2 yang sudah dijelaskan di youtube tentang bumi datar sangat masuk akal.
    Dan tentang ayat Al-Qur’an yang menyatakan BUMI DIHAMPARKAN, sudah sangat jelas kalau dihamparkan pasti akan rata karena Allah mengamparkannya pada ruang yang kosong, bukan pada benda yang bulat.
    Apakah Allah menciptakan dua bumi, bumi pertama bulat dan bumi kedua datar? Terus bumi kedua yang datar dihamparkan kebumi pertama yang bulat sehingga terciptalah bumi bulat. Saya fikir tidak seperti itu. Allah hanya menciptakan satu bumi, dan bumi itu datar.

  42. Saya memang belum percaya sepenuhnya dengan teori ini, tetapi setelah saya pikir secara mendalam, saya bandingkan juga dengan teori satunya..
    Gak tahu kenapa logika saya lebih condong ke teori flatearth, maju terus gan, ayo berikan lagi fakta2 terbaru…

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *