Mengapa Jarum Kompas tidak Berfungsi di Antartika ?

Australia adalah salah satu benua yang cukup dekat dengan Antartika. Bersumber dari keterangan dari Department of the Environment and Energy – Australia Government, disebutkan bahwa kompas magnet harus di modifikasi jika di gunakan di Antartika (Kutub Selatan), karena jika tidak, kompas tersebut tidak bisa bekerja dengan baik. Apa yang menjadi penyebab nya?

Sumber : http://www.antarctica.gov.au/living-and-working/stations/mawson/this-week-at-mawson/2013/1-november-2013/2

Sebelum kita membahas lebih dalam, mari kita sama kan pandangan bahwa ada yang disebut dengan Kutub Geografis Bumi dan ada pula yang di sebut dengan Kutub Magnet Bumi. Artik (Kutub Utara) dan Antartika (Kutub Selatan) merupakan sebutan untuk kedua Kutub Geografis Bumi. Sementara Kutub Magnet Bumi adalah pusat medan magnet yang ada pada bumi, yakni pusat medan magnet utara dan selatan.

Kutub Magnet Bumi Versi Bumi Bola

Dalam pemahaman bumi bola, kutub magnet selatan bumi ada di Artik, yakni benua es yang ada pada bagian atas bumi. Oleh karenanya arah ‘utara’ pada jarum kompas akan menunjuk kepada wilayah Artik berada, dikarenakan kutub magnet selatan bumi menarik kutub magnet utara pada jarum kompas. Sebaliknya kutub magnet utara berada di Antartika, yakni benua es yang ada pada bagian bawah bumi globe.

Jika kandungan medan magnet yang ada pada kedua kutub geografis bumi sesuai dengan penjelasan diatas, maka pada bumi globe seharusnya jarum kompas akan tetap bekerja dengan baik dimanapun juga, termasuk di wilayah Antartika. Magnet jarum kompas selatan akan tetap tertarik kearah Antartika sebagai pusat medan magnet utara. Namun faktanya, kompas tidak berfungsi dengan baik di Antartika.

Kutub Magnet Bumi Versi Bumi Datar

Berbeda dengan pemahaman bumi bola, pemahaman bumi datar berpendapat lain mengenai letak medan magnet bumi. Dengan kata lain, pemahaman Flat Earth (FE) memandang ada kesalahan asumsi yang di paparkan pada pemahaman bumi globe, yakni letak wilayah pusat medan magnet bumi nya.

Dalam pemahaman FE, bentuk bumi di gambarkan seperti cakram datar yang menghadap keatas, dengan Antartika sebagai pinggiran tembok es bumi. Sama seperti asumsi bumi bola, letak medan magnet selatan ada di wilayah Artik (bagian atas).

Namun yang berbeda adalah letak medan magnet utaranya yang terletak dibagian bawah bumi, tepatnya di bagian bawah wilayah Artik (di dalam perut bumi bagian bawah).

Tidak Ada Medan Magnet di Antartika

Semakin jauh kompas dari pusat magnet (Artik), maka kompas semakin tidak berfungsi dengan baik. Maka dari sini terjawablah penyebab jarum kompas tidak berfungsi dengan baik di Antartika. Sejatinya di Antartika tidak terdapat medan magnet dan kompas tidak bekerja dengan baik disana karena jaraknya yang terlalu jauh dengan Artik sebagai pusat magnet.

Well, terkait dengan persoalan jarum kompas di Antartika ini, dapat di simpulkan bahwa penjelasan versi bumi datar lebih dapat diterima dengan akal sehat jika di bandingkan dengan versi bumi globe. Hal ini sekaligus menguatkan jawaban mengenai, “Manakah bentuk bumi yang paling benar?” Bagaimana menurut anda ?


Artikel Menarik Lainnya :



Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *