Dunia Penerbangan Menggunakan Peta Bumi Datar

Mari kita awali pembahasan ini dengan pertanyaan dari manakah asal peta bumi bola atau bumi datar? Bisakah di pertanggungjawabkan?

Asal-Usul Peta Bumi Bola dan Peta Bumi Datar

Mari kita cek situs dari USGS (United State Geological Survey) di https://www.usgs.gov/. Ini adalah lembaga resmi USA udah beroperasi 137 thn dengan jumlah karyawan 8,670 orang dan dengan anggaran puluhan triliun pertahun. Bisa dibilang USGS adalah lembaga survey geologi paling kredibel di dunia saat ini. USGS mengatakan bahwa “Peta bumi datar merupakan dasar yang paling akurat untuk membuat peta Atlas AS, untuk menentukan arah penerbangan dan arah antena”.

statement-USGS

Selain itu USGS juga mengatakan “Bahwa peta bumi datar dijadikan dasar pembuatan logo PBB thn 1945” dan Ini adalah bukti yang tak terbantahkan.

Logo-PBB-abd-Peta-Bumi-Datar

Anda juga bisa cek situs wikipedia di sini https://en.wikipedia.org/wiki/Azimuthal_equidistant_projection

azimuthal-equidistant-projection-wiki

Diterangkan bahwa peta bumi datar yang di proyeksikan dengan metode Azimuthal Equidistant membuat jarak pada bumi bola benar secara proporsional. Artinya peta yang sebenarnya adalah peta bumi datar itu, disebut pula bahwa rumus matematika yang di gunakan, pertama kali di kemukakan oleh Al-Biruni cendekiawan muslim yang hidup 11 abad yang lalu.

Bukti Bentuk Bumi Datar di Dunia Penerbangan

Pertanyaan paling umum selanjutnya adalah jika bumi datar bagaimana mungkin melakukan penerbangan dunia dari barat ke timur, kembali lagi ketempat semula?

Garis-Khatullistiwa

Berdasarkan keterangan dari USGS, kita telah mengetahui bahwa garis khatulistiwa yang seperti gambar diatas adalah proyeksi Azimuthal Equidistant dari garis khatulistiwa yang aslinya seperti gambar dibawah ini (perhatikan lingkaran berwarna lebih tebal dibagian tengah!)

Garis-khatulistiwa-peta-bumi-datar

Kutub utara ada di tegah lingkaran, Jadi jika jarum kompas selalu meunjuk utara, berarti jarum kompas selalu menunjuk pusat lingkaran bumi.

Arah-komps-dalam-peta-bumi-datar

penerbangan-keliling-dunia-peta-bumi-datar

Keanehan Jalur Penerbangan dengan Peta Bumi Bola

Jalur penerbangan diselatan katulistiwa tidak masuk akal bila menggunakan peta bumi bulat, tapi akan masuk akal kalo mengunakan peta bumi datar. Anda bisa cek sendiri di situs penyedia penerbangan.

Salah satu yang kami dapatkan adalah perjalan dari Santiago Chili (America Selatan) ke Johanessburg (Afrika Selatan). Jika kita ambil jarak lurus dipeta globe, seharusnya memakan waktu 12 jam penerbangan dengan rute sebagai berikut:

Santiago Chili-Johannesburg Peta Bumi Globe

Santiago-Chili-America-Selatan-ke-Johanesburg

Tapi di seluruh maskapai penerbangan, rute tersebut tidaklah ada dan tidak pernah ditawarkan.

Yang ada dari Santiago Chili harus transit dulu ke Senegal baru setelah itu ke Johanessburg, dan ini memakan waktu 19 jam.

Santiago Chili-Sidney-Johannesburg

Santiago Chili-senegal-johanesburg

Bila rute diatas diperhatikan, rute perjalanannya tampak tidak masuk akal. Namun jika dibandingkan dengan menggunakan peta bumi datar, semuanya jadi sangat masuk akal, karena rute tersebut merupakan garis lurus. Perhatikan gambar ini!

Santiago Chili-Johannesburg Peta Bumi Datar

Santiago-Chili-johanesburg-peta-bumi-datar

Satu contoh lagi perjalanan dari Johanesburg (Afrika Selatan), ke Sidney (Australia), jika di ambil garis lurus dengan peta globe seharusnya memakan waktu 11 jam dengan ilustrasi sebagai berikut:

Johannesburg-Sidney Peta Bumi Globe

Johanesburg-Sidney-Peta-bumi-Globe

Namun sama seperti perjalanan yang saya telah jelaskan sebelumnya, rute itu tidak ditawarkan oleh maskapai penerbangan manapun dan yang ada dari Johannesburg harus ke Dubai dulu baru setelah itu ke Sidney memakan 18 jam dan ini sangat tidak masuk akal.

Johannesburg-Dubai-Sidney

Johannesburg-Dubai-Sidney

Sementara dengan menggunakan peta bumi datar jalurnya tampak hampir lurus dan lebih masuk akal.

Johannesburg-Sidney Peta Bumi Datar

Johannesburg-Sidney-Peta Bumi-Datar

Penerbangan beralasan harus dilakukan transit untuk menjemput penumpang, tapi menurut logika dan dan sudut pandang bisnis, tetap saja tidak mungkin jika jalurnya tidak masuk akal. Bagaimana menurut anda?

Bukti yang lebih telak adalah pemberitaan di Dailymail pada tanggal 8 Oktober 2015. Pada penerbangan China Airlines dari Bali ke LA pesawat mendarat di Alaska secara emergency karena ada wanita yang mau melahirkan, yang kira-kira jalurnya seperti ini di peta bumi bulat :

Bali-Alaska-LA Peta Bumi Globe

Bali-Alaska-LA

Sementara di bumi datar petanya seperti ini:

Bali-Alaska-LA Peta Bumi Datar

Bali-Alaska-LA Peta Bumi Datar

Mana yang lebih masuk akal jika memang harus dilakukan pendaratan emergency? Mana yang lebih masuk akal menurut anda?


Update 04-01-2017

Ada kejanggalan. Sumber info yang kami dapatkan mengenai pemberitaan di Dailymail berubah. Ada dua URL menampilkan video yang sama namun pemberitaannya berbeda. Terutama Pemberitaan terkait dengan perjalanan yang seharusnya

Bali ke LA (Published on 21-10-2015)
http://www.dailymail.co.uk/travel/travel_news/article-3283220/Mother-filmed-giving-birth-bound-plane-deported-Taiwan-WITHOUT-child-faces-20-000-fine-airline.html

berubah menjadi Taiwan ke LA (Published 27-11-2015)
http://www.dailymail.co.uk/travel/travel_news/article-3270382/Caught-camera-amazing-moment-woman-gives-birth-premature-baby-girl-30-000ft-Taiwan-Los-Angeles-flight-crew-passengers-helping-out.html

Pada artikel yang kedua ini ada keanehan, pemberitaan berubah menjadi perjalanan dari Taiwan ke LA namun mendarat darurat di Alaska. Anda bisa memastikan ini adalah penyesuaian yang dilakukan Dailymail, karena komentar perdana dari pengunjung halaman ini menuliskan komentar perjalanan Bali ke LA dan mendarat darurat di Alaska.

comment-bali-to-la

Untuk memastikan kami tidak salah lihat kami coba mencari website lain yang juga pernah memberitakan berita tersebut dengan bersumber dari Dailymail juga, dan hasilnya kami temukan link di bawah ini :

http://lifestyle.okezone.com/read/2015/10/23/406/1236611/lepas-landas-dari-bali-turis-lahiran-di-pesawat

So, bagian dari konspirasikah perubahan berita ini ?



Artikel Menarik Lainnya :



40 thoughts on “Dunia Penerbangan Menggunakan Peta Bumi Datar

  1. Masuk akal juga ya, artikel yang sangat menarik. Namun untuk membuktikan bahwa bumi memang benar-benar datar tentu harus pergi sendiri ke Antartika dan melewatinya. Dalam Al Qur’an memang disebutkan bahwa bumi itu dihamparkan, jadi agak sulit juga untuk menolak teori bumi datar, jadi untuk sementara ini ya 50:50 lah, bukan tak percaya Al Qur’an, bukan karena itu, karena untuk menafsirkan Al Qur’an memang tidak bisa sembarangan, jadi untuk adilnya ya saya terima teori ini tapi belum 100 %, mudah-mudahan suatu hari nanti kebenaran yang sejati dapat terungkap semuanya.

      1. Dua faktor utama yang berkontribusi terhadap pola angin global adalah rotasi dan diferensial pemanasan planet. Sebagai hasil dari rotasi bumi, pertanyaanya apa penyebab dan bagaimana terbentuknya angin global dan pola pergerakanya jika memang bumi itu diam tidak bertotasi?

    1. Sebenernya ga melulu Wallahualam gan. Yang wallahuallam cuma hal-hal ghoib kaya Roh

      QS Surat 17/85
      “Dan mereka bertanya kepadamu tentang roh. Katakanlah: “Roh itu termasuk urusan Tuhan-ku, dan tidaklah kamu diberi pengetahuan melainkan sedikit.”

      Untuk hal logis dan nyata, agan udah harus berfikir kaya QS 2/164, PERHATIKAN TANDA TANDA!!

      “Sesungguhnya dalam penciptaan langit dan bumi, silih bergantinya malam dan siang, bahtera yang berlayar di laut membawa apa yang berguna bagi manusia, dan apa yang Allah turunkan dari langit berupa air, lalu dengan air itu Dia hidupkan bumi sesudah mati (kering)-nya dan Dia sebarkan di bumi itu segala jenis hewan, dan pengisaran angin dan awan yang dikendalikan antara langit dan bumi; sungguh (terdapat) tanda-tanda (keesaan dan kebesaran Allah) bagi kaum yang memikirkan.

  2. Di AL-quran bumi dihamparkan, melihat penjelasan ilmiah seperti ini saya lebih percaya dgn teori flat earth. Buktinya, jika memang bumi bulat mengapa Amerika membangun pangkalan di Antartika dan melarang berbagai macam penerbangan yg melewati antartika.

  3. haaa.. saya tertawa membaca komentar orang2 yg gak paham. aku juga tertawan membaca artikel ini. kalo anda terbang dr afrika selatan gunakan peta azimuth yg dgn titik pusat afrika selatan. peta azimut dgn pusat kutub utara untuk mengetahui lokasi peta bumi utuh. bukan untuk penerbangan. semua pilot di dunia tak terkecuali menggunakan peta azimuth dgn titik pusat di lokasi keberangkatan, bukan peta azimuth dgn pusat di kutub utara. jd peta azimuth memang di gunakan untuk penerbangan tp titik pusat bumi ada di bandara keberangkatan.
    gunakan peta azimuth dgn benar maka arah dan jarak bisa diketahui.

    1. Agan nih bahasanya rumit dan tidak menjelaskan sama sekali. Jujur ya gan ane ga ngerti sama sekali pemaparan agan.

  4. ini bisa jadi diskusi yg menarik…”anti-mainstream”, kenapa?
    karena kita dari “kecil” sudah diajari/didoktrin bahwa bumi ini berbentuk bulat (globe), dengan kata lain “dipaksa” untuk percaya bahwa bentuk bumi ini bulat tanpa pernah bisa membuktikannya.
    untuk saat ini ane sependapat dg om Gatot, 50:50 untuk tidak percaya bumi bulat atau percaya bumi datar 😉

    semoga, kita semua bisa berdiskusi secara santun dan bisa mendapat “sedikit” pencerahan serta keberkahan tentunya.
    Amiin YRA

  5. Assalamu’alaikum wr, wb… Ma’af ni gan.. Klw menurut ana sich, bumi itu tdk bulat (globe) atau datar (flat). Sbb dibalik tembok Es raksasa tsb menyimpan segunung misteri. Jk kita sdh mampu membuka tabir di balik dinding Es tsb maka kita bisa menilai bgm bentuk bumi kita. Yg menjadi pertanyaan, Siapa yg bisa membuktikan secara detil dan independent apa yg ada di balik dinding ES raksasa tsb..?

  6. Saya kok kayaknya mulai percaya bahwa bumi itu datar. Mungkin tambahan untuk bahan riset gan: Tentang sifat air yg selalu mendatar (bahkan dipake orang untuk Cek kedataran lantai bangunan). Kalau bumi bulat, Berarti dilautan yg luas pasti Ada bagian air yg melengkung? Kok bisa? Apa ya Ada air melengkung krn gravitasi? Klo bumi memang benar datar. Berarti Kita ratusan tahun dibodoh bodohin NASA.. Haddeh… Kok ikut jengkel ya..

    1. Iya gan, Akhirnya agan merasakan keanehan juga kan. Dan soal permukaan air yang ga melengkung itu baru secuil pembuktian kebuhongan Elite Global.

      -Salam-

  7. Saya jg awalnya menganggap yg bilang bumi itu datar adalah orang gila & ga bs diterima akal. Tp sy berpikirnya fleksibel ga monoton.dan sy mulai percaya setelah liat video youtube flat earth bangkitkan kesadaran trus baca artikel sola project highjump admiral byrd, sy mulai percaya.

  8. Slamat pagi, salam damai..!!
    Prkenalkan sy adalah seorang pelaut dan jabatan sy skarang di kapal adalah mualim 2, ssuai dgn jabatan sy tugas dan tnggung jawab sy adalah Navigasi, jdi sy brtugas untuk mmbuat rute apabila kapal akan brangkat..
    Pertanyaan sy apabila peta bumi bulat itu palsu mengapa slama ini sy ttap bisa sampai di tujuan tanpa adanya kendala, contoh.y apabila sy mnarik garis di peta bumi bulat kok rute.y ttap aman? Kan kata.y peta itu hoax, kok ya gak ada yg nabrak pulau gitu…?

    Trus prtanyaan brikut.y: sy sdah bnyak mmbaca artikeltntang bumi bulat vs. Bumi datar, tpi ada yg mmbuat sy ttap brfikir klau mmang bumi itu datar mengapa ada perbedaan wktu di belahan bumi ini (GMT)…? Mengapa ada bgian bumi lain.y yg malam dan ada pula yg siang?

    Sy kira ckup skian dlu min prtanyaan sy…
    Trim’s sbelum.y untuk jawaban.y..!!
    Keep spirit, salam damai

    1. Salam kenal juga agan pelaut 🙂

      Peta bumi bulat bukan palsu gan, yang palsu bentuk buminya :-). Peta bumi bulat adalah peta yang di buat berdasarkan peta bumi datar dengan metode Azimuthal Equidistant. Gampangnya peta bumi datar yang di jadiin bulat. Rumus itu dibuat oleh cendekiawan muslim bernama Al Biruni. Al Biruni percaya bumi datar, tapi karena dia seorang ilmuan pemikirannya terbuka dengan pendapat yang lain. Simpelnya dia bilang gini.

      “Anda percaya bumi bola? nih saya buatin gambar dan rumus bumi versi bolanya!” Agan bisa liat rumusnya disini

      Pada artikel diatas kami sudah menerangkan bahwa :

      “Peta bumi datar yang di proyeksikan dengan metode Azimuthal Equidistant membuat jarak pada bumi bola benar secara proporsional. Artinya peta yang sebenarnya adalah peta bumi datar itu namun masalah jarak / navigasinya tetap tidak salah gan.”


      Soal perbedaan waktu, agan harus paham dulu perbedaan asumsi bumi bola dan datar. Di artikel itu ada link lanjutan mengenai bumi tak berotasi dan matahari yang beredar mengelilingi bumi. Temukan jawaban disitu ya 🙂

      -Salam-

  9. Slamat mlam min, thanks u/ jawaban.y…

    Untuk prtanyaan sy yg no.1 ok lah, soal.y di dunia navigasi pelayaran jg mngenal rhumb line dan great circle, dan itulah yg mmbuat sy mrasa bingung dan heran

    Sy sudah. Mmbuka tautan yg anda brikan, tpi u/ prtnyaan sy yg ke2 sy blum mnemukan jwaban.y dsana,
    Mngkin iq sy yg kurang u/ menelaah tutan yg anda brikan..
    So, klau bsaa mimin aja lah yg jlasin mungkin sy bsa ngerti
    Soal.y sy sdah hmpir prcaya bumi itu datar, tpi sy msih ragu krena ada.y perbedaan waktu di bumi (di blahan bumi ada yg siang dan di blahan bumi yg lain.y malam hri) bkan.y klau bumi ini datar otomatis sinar mtahari dpat mnyinari bumi scara brsamaan wlaupun mngkin ada slisih bbarapa jam sja tpi gak mngkin smpe ada prbedaan waktu 12 jam.

    Thanks, slam FE

    1. “Membaca adalah kunci untuk membuka gerbang dunia”, Makanya Wahyu pertama Nabi Muhammad Saw “Iqra!” = “Bacalah”

      Untuk kali ini aja yah ane manja-in, Next agan harus rajin baca 🙂

      Cluenya :
      – Bumi tak berotasi
      – Matahari tak sebesar dan tak sejauh yang agan tau selama ini.
      – Matahari berevolusi terhadap bumi (Geosentris)

      Tonton ini biar lebih jelas :
      https://www.youtube.com/watch?v=GY0xhUOL3vM
      https://www.youtube.com/watch?v=p_9cFTQg7NE
      https://www.youtube.com/watch?v=DUQqd87pRIc

      1. Utk mengungkap semua kebohongan ini rakyat di seluruh dunia hrs bersatu bergerak menuju antartika itu. Klo mmg bnr rakyat di seluruh dunia di bohongi oleh elite global Karna distu lah rahasia yg disembunyikan slma ini
        Terjadi perang dunia klo rakyat dunia bergerak keantartika utk mencari kebenaran dr semua ini.
        Sudah ada kah gerakan rakyat diseluruh dunia utk bergerak menuju antartika utk menguak rahasia di situ

  10. Assalamualaikum wr wb, Saya juga dari jaman sekolah ngerasa ada yg janggal dgn teori bumi bulat, gerhana dan jauhnya jarak bintang (tp kok keitung gitu) dan dulu hanya bisa pasrah gan hehe..
    udh staunan jd silent rider fe, alhamdulilah ada pencerahan dan ada gairah buat buka2 buku pelajaran lagi.
    satu lagi fenomena yg merujuk ke teori fe adalah bintang jatuh, kalo bumi bulat harusnya ada bintang naik juga ya?? bener gak? kan meteor selama ini ga ada yg dari bawah ke atas, klo bumi bulat harusnya semua arah ada dong?
    salam kenal semua nya…

  11. Mr Renggana,

    Your comment is already deleted, “We Understand Your Frustration” and you’ve got 2 penalty. Once more you’ll be banned from this site.
    Please Read the Comment Rules

    -Melinweb Admin-

  12. Setelah membaca postingan mimin, jadi yakin dgn FE. Sesuai dengan Quran. Ane jadi berpikir klo misal mengkaji Al Quran itu semudah membacanya. Knp byk org brpendapat tafsir Quran harus ditelaah dgn dalam yg malah jadi berkesan rumit bagi org awam apalagi mualaf?. Ini sih pendapat ane saja.

    Saran ane admin juga perlu punya kenalan dg para komunitas FE di seluruh dunia supaya mendapat dukungan yg mantap. Apalagi hendak membuat forum / seminar di kampus. Jadi agar tidak dianggap lelucon bagi mrk yg blm sadar. Bukti2 & video yg agan kumpulkan dapat dipertanggungjawabkan. Pengetahuan, sains, teori, rumus, ilmuwan lah ato apalah… itu semua boleh dibantah. Yg gak bisa dibantah itu kitab suci khususnya Al Quran (bagi kaum muslimin).

    1. مَا أَنْزَلْنَا عَلَيْكَ الْقُرْآَنَ لِتَشْقَى

      “Kami tidak menurunkan Al Quran ini kepadamu agar kamu menjadi susah”

      QS : Thaha(20) ayat 2

      Jadi sebenernya kita2 juga bisa kan gan, karena Allah maha pengasih dan penyayang, membuat petunjuk untuk mempermudah manusia hidup, bukan mempersulitnya. 🙂

  13. Min, saya mau nanya. Kn banyak tuh Hacker hacker yg ngebobol NASA & nyuri ratusan ribu document rahasia dan disebarkan secara global, kayak si Jonathan james, Kevin mitnick dsb, kok belum ada document tntang flat earth dan data dinding antartika. Jim Goevani kan juga pernh nge-Hack satelit China dan memindahkan orbitnya y secara otomatis dia mengontrol secara mutlak tuh satelit, tapi kenapa gk ada berita yg mencuat dari dia tentang Flat earth.
    Mohon penjelasannya min, saya masih binggung.

    1. Saat ini admin belum akan menjawab itu, semua harus di telusuri dulu. Kami tidak ingin berasumsi diluar batas kemampuan penelaahan kami.Kami memang telah mengetahui nama-nama yang agan telah sebutkan. Namun kebenaran dari sepak terjang mereka pun masih di pertanyakan. Bisa jadi itu adalah upaya NASA untuk menarik simpati publik saja. So, yuk kita telaah sama-sama 🙂

Comments are closed.