Arah Kiblat Peta Bumi Datar

Arah sholat atau kiblat termasuk hal yang cukup logis dalam pembuktian tanda-tanda bumi datar. Di artikel ini kami akan membahasnya. Pertama mari kita simak ayat Al-Quran yang memerintahkan arah kiblat.

surat-2-ayat-150

“Dan dari mana saja kamu (keluar), maka palingkanlah wajahmu ke arah Masjidil Haram. Dan dimana saja kamu (sekalian) berada, maka palingkanlah wajahmu ke arahnya, agar tidak ada hujjah atas manusia pada kamu, kecuali orang-orang yang zalim diantara mereka. Maka janganlah kamu takut pada mereka dan takutlah kepada-Ku (saja). Dan agar kusempurnakan nikmat Ku atasmu, dan supaya kamu mendapat petunjuk.

Jika bumi berbentuk bola, bagaimana cara anda mehadap Masjidil Haram?

arah-sholat-bumi-globe

Dari ilustrasi gambar diatas bisa di simpulkan bahwa kita tidak akan pernah bisa menghadap kiblat. Jika asumsi menghadap kiblat adalah mengikuti lengkungan bumi, maka menghadap belakang pun menjadi menghadap kiblat juga (gambar sebelah kiri bawah). Apa ini yang di maksud oleh Al-Quran?

Menghadap kearah kiblat hanya bisa terjadi bila buminya datar

arah-sholat-bumi-datar

Akan terjadi asumsi arah derajat yang berbeda-beda jika kita menggunakan peta bumi bola. Hal ini menyebabkan terjadi kebingungan dan kerancuan kiblat. Kebingungan ini akan sangat terasa bila kita hendak menentukan arah kiblat dari Amerika Serikat, misalnya dari Canada. Berikut ini adalah contoh studi kasus yang kami ambil dari situs Qiblalocator.com.

qibla-locator-question

“Saya tinggal di Canada/USA, kok arah kiblatnya mengarah ke Timur laut (North-East), kalau di peta, Mekah itu kan arahnya tenggara (South-East) seperti gambar dibawah, jadi mana yang benar?”

qibla-locator-question-2

Sebenarnya apa yang Qiblalocator.com beritahukan tidak salah, bahwa bila dari Canada, arah Mekah akan mengarah ke Timur Laut. Karena Qiblalocator.com menggunakan asumsi peta bumi globe. Sementara si penanya menggunakan peta bumi globe yang di proyeksikan kedalam bentuk 2 dimensi.

Inilah yang kami maksud “dapat menimbulkan kebingungan”. Prinsip kiblat adalah tempat bertemunya arah kepala orang-orang yang bersembahyang. Sementara bila di proyeksikan dalam bumi bola, akan ada suatu situasi dimana bokong, bertemu bokong. Jika pada bumi bola arah timur laut dari Canada mengarah kiblat, maka menghadap barat daya pun adalah menghadap kiblat.

Berkebalikan dengan peta bumi globe, peta bumi datar justru lebih tepat dan tidak menimbulkan kebingungan dalam penentuan arah kiblat.

kanada-kiblat-peta-bumi-datar

Dari gambar diatas anda bisa melihat, bahwa bila anda sholat dari Canada, maka kiblat anda memang mengarah ke timur-laut dan ini adalah bukti nyata bahwa peta yang lebih akurat adalah peta bumi datar dan peta bumi datar tidak tepengaruh oleh lengkungan bumi.

Perlu kami ingatkan bahwa peta bumi bola yang dibuat oleh USGS, memiliki dasar peta bumi datar yang dibuat menjadi bumi bola dengan metode Azimuthal Equidistant, anda bisa melihat penjelasan detailnya pada artikel Flat Earth dan Dunia Penerbangan. Jadi arah kiblat peta bumi datar lah yang paling logis, akurat dan tidak akan menimbulkan kebingungan.


Artikel Menarik Lainnya :



69 thoughts on “Arah Kiblat Peta Bumi Datar

  1. Penjelasannya sama seperti 1 dati 10 vidio teori flat eart, banyak orang yang ingin mengetahui siapa pembuat vidio tersebut?, apa pekerjaannya dan apa pendidika nya?, hanya ada petunjuk di salah satu vidio nya yang mengatakan kuranga lebih seperti ini “sudah mempelajari tentang elite global sejak tahun 2005 dan dia berunding dengan beberapa ahli ekonom dunia untuk mencari sebuah solusi . . . .”

    Yang ingin saya tanyakan apakah team melinweb yang membuat vidio tersebut? Jika benar, apa pekerjaan dan latar pendidikan orang yang pertama kali membuat teori flat earth ini?

    Mohon di jawab

  2. Owh, sya kira team melinweb, karena orang indonesia yang buatnya

    Saya cari foto peta bumi datar yang high resolusi ko gak ada yah, apa admin punya ?

  3. Om, kalau dengan model flat earth disc, kiblat di New Zealand akan mendekati arah utara (sekitar 350 derajat). Tp kenapa di daftar arah kiblat manapun, kota Auckland kiblat ke 261 derajat ? Daftar nya yang salah, atau teori Om nya yang salah ?

          1. Beda jauh gan. Kalo pake aplikasi Kiblat manapun (tentunya yg bukan pake metode flat earth), maka arah kiblat dari Auckland itu ke barat condong selatan skt 8,8 derajat (atau 261-262 derajat). Kalo pake metode flat earth maka arahnya ke Barat condong ke utara lumayan banyak skt 70 derajat – atau sekitar 340 derajat.

  4. Udah dikasi petunjuk quran masih protes, heran saya, seakan menentang tuhan allah.
    Melinweb buat saya tersadar dengan penjelasannya. Lanjutkan terus

  5. Permisi, saya hanya ingin bertanya.
    Bukankah metode Azimuthal Equidistant adalah untuk untuk membuat peta bumi datar dari peta bumi bola?

    Saya menangkap beberapa argumen dari beberapa orang yang meyakini bumi bulat, bahwa Azimuthal Equidistant adalah metode untuk membuat peta bumi datar dari bumi bola. Apakah itu benar? Jika sebaliknya, saya meminta sumber referensi yang lebih banyak. XD

    Terimakasih.

  6. Saya ISLAM LILLAH HI TA’ALA, YG SAYA PELAJARI APA YG TERKANDUNG DALAM ALQUR’AN.
    BUKAN MEMPELAJARI BUMI.
    TERIMAKSIH.. MOHON MAAF SEBELUMNYA.

          1. Boleh refer Surah Yassin : Ayat 38-40. BERCANGGAH/BERLAWAN dengan ilmu science yang diajar di sekolah dimana matahari tidak bergerak

    1. “Sesungguhnya dalam penciptaan langit dan bumi, dan silih bergantinya malam dan siang terdapat tanda-tanda bagi orang-orang yang berakal.”
      “(yaitu) orang-orang yang mengingat Allah sambil berdiri atau duduk atau dalam keadaan berbaring dan mereka memikirkan tentang penciptaan langit dan bumi (seraya berkata): “Ya Tuhan Kami, Tiadalah Engkau menciptakan ini dengan sia-sia, Maha suci Engkau, Maka peliharalah Kami dari siksa neraka.”(Q.S. Ali ‘Imron ayat 190-191)

  7. Assalamualaikum admin.
    Sya sring mmpelajari tentang konten” melinweb saya pikir penjelasan admin dsini tujuannya hanya untuk menyadarkan masyarakat yg belum memahami konspirasi” elit global. Tujuannya sangat bermanfaat krna hanya BAGI orang” yang masih mempunyai akal sehat untuk mau berpikir secara logika, jerni dan tanpa memihak yg bsa menerima. Tetapi bagi yg tidak mempunyai akal sperti Itu dy akan balik menentang dan tanpa mereka sadari mereka termasuk mendukung kejahatan elite global.. Jadi untuk admin jgn ada Patokan “menang atau kalah” dalam memberi wawasan cukup bersyukur kpda allah swt jika admin islam (islam bukan patokan dalam pembahasan ini melainkan smua agama) dalam menyampaikan ilmu yg mau terimah silahkan yg Gk silahkan. Di jaman skrg jarang sekali ada orang memberikan wawasan gratis jdi sya salut pda admin ttap smangat dgn tujuan misi anda saya jga termasuk dalam kriteria admin. Menyampaikan ilmu tidak mengharap imbalan, dan yang saya ketahui bukan hanya “bumi bulat” sja hasil dari kejahatan elite global tetapi bnyak konspirasi” elite global yg telah meraja rela di muka bumi dan smua itu banyak saudara/i kita tidak ketahui. Untk saudar/i yg kurang paham penjelasan admin jgn di hujjat tpi lbih bagus diskusi. Kalo tidak paham juga ttap lah pda keyakinan anda dan kmi ttap dalam keyakinan pemahaman kami. Wss.

  8. Skrg sy tanya,jika memang pakai flat earth,arah utara mana selatan mana ? Titik utara dimana dan tiik selatan dmna ? Jika mekkah pusat titik utamanya berarti tdk berlaku dong arah mata angin.
    Karna jika menggunakan konsep flat earth arah utara mana sih dan selatan mana ?

  9. Berarti saya sholat selama ini tidak menghadap arah kiblat? Rata2 orang awam pasti tahunya bumi itu bulat, berarti mereka pasti menentukan arah kiblat dengan menggunakan arah mata angin bumi bulat.

    1. Kalau mau menentukan arah kiblat yang benar adalah dengan matahari karena, Dalam satu tahun masehi, matahari singgah dua kali tepat di atas Ka’bah. Hal ini merupakan pengetahuan yang sudah tua umurnya. Namun sepertinya masyarakat awam tidak banyak yang mengetahui. Dalam bahasa arab disebut sebagai peristiwa Istiwa A’zham (Persinggahan Utama). Peristiwa ini juga disebut “rashdul qiblah”.

      Peristiwa ini terjadi pada tanggal 28 Mei (atau 27 di tahun kabisat) pukul 12:18 waktu Mekah dan 16 Juli (atau 15 di tahun kabisat) pukul 12:27. Artinya, semua orang yang bisa melihat matahari pada saat itu dan menghadapkan wajahnya ke sana telah menghadapkan wajahnya ke kiblat. Atau jika kita melihat bayangan benda yang tegak lurus di atas tanah, maka bayangan tersebut akan membentuk garis membelakangi arah kiblat.

      Bagi yang di Indonesia, waktu kejadian tersebut adalah 28 Mei jam 16:18 WIB dan 16 Juli jam 16:27 WIB. Jadi, bagi yang ingin mengecek atau melihat benar tidaknya arah kiblat yang digunakan selama ini silakan keluar pada waktu tersebut dan lihat matahari (atau bayangannya). Dan hal ini lebih cocok dengan bumi yang datar walaupun masih bisa di pakai kalau bumi ini bulat.

  10. min, coba hubungkan teori” bulan dalam website ini dengan kejadian bahwa nabi muhammad pernah membelah bulan dan pihak luar(sy gk tau siapa) pernah membuktikannya

    1. Apa yang dikisahkan tentang Nabi membelah bulan adalah Mukzizat Tuhan gan. Sama kaya cerita Nabi Ibrahim atau Nabi lainnya. So, Mukzizat adalah kuasa tuhan yang tidak pernah bisa dijelaskan dengan logika ilmu apapun.

      Allah Pencipta langit dan bumi, dan bila Dia berkehendak (untuk menciptakan) sesuatu, maka (cukuplah) Dia hanya mengatakan kepadanya: “Jadilah!” Lalu jadilah ia

  11. adminnya keren banget. penjelasannya masuk logika semua. bukan hanya logika, tetapi juga didasari fakta. dan hebatnya juga didukung oleh dalil-dalil. semakin yakin bumi itu datar.
    terimakasih admin melinweb. semangat terus ya. hehe

  12. Situ solat kiblatnya beda sendiri atau masih sama aja dengan mesjid2 yang ada di indonesia? Sudah tidak pernah solat di masjid dengan kiblat yang sudah ditentukan dan bikin arah kiblat baru?

    1. Maaf ya gan, sepertinya agan ini ga paham dengan apa yang Admin paparkan?

      Apa yang Admin paparkan bukan membuat klaim baru soal kiblat, yang Admin jelaskan justru penegasan bahwa kiblat kita itu sebenarnya merujuk kepada peta bumi datar dan bukan berdasarkan peta bumi bola. Baca kembali soal orang Canada yang bingung dengan arah kiblat yang di tunjukan Qiblalocator bila di korelasikan dengan peta bumi Globe.

      -Salam-

  13. Assalamu’alaikum Wr. Wb..,
    Selamat pagi Tim Admin..

    Semakin hari penjelasan dan argumentasi FE dari melinweb semakin dapat diterima.. Seperti yang telah dituliskan dalam Al-Quran bahwa Allah SWT meninggikan derajat orang yang “beriman” dan “berilmu”..

    Pertanyaan saya, bagaimana penjelasan FE terhadap :
    1. Perbedaan iklim/musim pada daerah tropis/khatulistiwa (2 musim) dengan daerah sub tropis ataupun dingin (4 musim)..?
    2. Perbedaan waktu terutama periode panjang siang/malam yang berbeda pada kedua belahan bumi (Globe Earth) yang tejadi secara periodik, hal ini terkait pada waktu imsak dan berbuka (juga waktu sholat) pada masing-masing belahan bumi ( Utara dan Selatan)

    Sekian dari saya, terimakasih sebelumnya, wassalam..

    1. Soal perbedaan musim dan perbedaan waktu yang agan tanyain, Clue nya agan harus paham bagaimana matahari beredar. Matahari beredar tidak selalu dalam orbit yang sama, Matahari punya tiga Orbit edar, yang bernama Equator, Tropic of Cancer, Tropic of Capricorn. Biar lebih jelas Monggo di tonton:



      -Salam-

  14. bagaimana sikap NASA dan klompok2 yg merasa sebagai penguasa dunia ini skarang ternodai kebohongannya,
    apakah semua ini merupakan penyulut perang dunia.ke 3

  15. Ane cuman mau tanya simpel aja nih min.
    Kalau bumi itu benar-benar datar, lantas kenapa NASA melakukan kebohongan besar, seolah-olah menyebar luaskan bahwa bumi itu berbentuk bulat bukan datar ?

    1. Jika bumi datar .. pertanyaan saya..dimanakah ujung dunia/batas dunia dimana manusia BS keluar / loncat Dr muka bumi???..TRIms infonya

  16. Bukannya dah bener arah kiblat dari qiblalocator tersebut ?
    Kalo kita liat globe dalam bentuk 3 dimensi, bukannya memang arah mekah adalah ke timur laut ? Karena dengan buminya bulat, seperti bola, posisi mekah diseberang kanada. Jadi arahnya memang timur laut. Jadi jangan lihat peta 2 dimensinya, tapi lihat globe.
    Selain itu dari dari sekian banyak umat muslim di kanada ( yang pernah saya baca lebih dari 1 juta) kenapa hanya ada 1 orang yang bingung menentukan arah kiblat ?

    1. Agan belum mudeng lagi nih, Apa yang di tunjukan Qiblalocator memang tidak salah, namun si penanya keheranan, karena menurut peta bumi Globe 2 dimensi, jika dari Canada seharusnya Mekah mengarah ke tenggara. Jadi, apa yang di tunjuk Qiblalocator justru lebih membenarkan jika di aplikasikan pada peta bumi datar, dan malah menimbulkan kebingungan jika di aplikasikan di peta bumi globe dalam bentuk 2 dimensi. FYI biar lebih nyambung, pahami lagi perbedaan asumsi arah mata angin bumi globe dan bumi datar disini http://www.melinweb.com/perbedaan-asumsi-bumi-datar-dan-bumi-bola/.

      Untuk pertanyaan terakhir agan, admin cuma bisa komen, “SMART QUESTION PLEASE”!, Mayoritas diam bukan berarti itu yang benar toh! Si penanya bukan orang bodoh, ia adalah orang yang paling skeptis dan peduli dengan persoalan Kiblat dari Canada dibandingkan 1jt-an penduduk Canada lainnya, karena ia mau mencari dan memahami kebenaran.

      Tonton lah !

  17. Maksudnya masalah kiblat dari kanada yang admin tunjukkan dengan peta di atas yang warna putih tidak tepat min, itu menyesatkan. Kan itu peta globe yang diproyeksikan di 2 dimensi jadi seakan akan arahnya ke tenggara.
    Coba admin pake globe…yang bulet kaya bola. Kalo ga punya, pas ke toko buku sempatin liat globe.

    Ambil titik dari kanada, tarik garis lurus ke mekah…ambil jarak yang terdekat. Arahnya akan timur laut.

    1. Begini ya gan Mokat (sedih amat namanya), yang Admin bahas di artikel itu adalah kerancuan alias kebingungan kalo kita menggunakan peta bumi bola, dan yang admin contohkan diatas adalah fakta kebingungan seorang user situs qiblalocator, Admin paham memang jika di proyeksikan dengan peta bumi bola arahnya akan tetap ke timur laut (asumsinya megikuti lengkungan bumi ya!, karena kalo tidak arahya jadi keangkasa).

      Nih Gambarnya,

      PT A = Canada

      Perlu di garis bawahi, prinsip kiblat itu adalah tempat berkumpulnya semua kepala, sementara kalo buminya bola, akan ada kondisi dimana bokong ketemu bokong (ga sesuai sama prinsip kiblat). So, kalo pada bumi bola dari kanada qiblatnya adalah timur laut, berarti menghadap ke barat daya juga kiblat donk!

      Arah kiblat paling logis tetaplah jika di proyeksikan dengan peta bumi datar.

      BTW situ kena SP 2 ya! Baca aturan berkomentar!! sekali pelanggaran lagi, situ di blok untuk komen disini!

      -Salam-

  18. Thanks untuk semua informasinya,semoga allah swt meningkatkan derajat hamba hamba nya,inilah jwaban di atas jwaban,semua saling berkaitan hingga iblis yg sesungguhnya akan keluar,kita selalu berdoa mudah mudahan anak dan cucu kita nantinya trmsuk golongan orng orng mukmin yg akan melawan elit global (ad-dajjal),amminn

  19. Kebenaran pasti akan terungkap, sya percaya bumi itu datar pembuktiannya cukup sederhana ko untuk memastikan bumi datar/ tidak berputar pada porosnya kalian cukup naik helikopter ga usah terbang diam aja diangkasa usahakan tetap sejajar dng helipadnya selama 1 atau 2 jam, nah nanti kalian akan percaya bahwa selama ini umat manusia sudah dibohongi elit global

    1. Intinya meski bumi bulat yang berotasi pun saat helikopter 2 jam tidak bergerak bakal tetep diatas heliped. Karna kita masih di ruang yang sama dalam atmosfer bumi.

      Coba lu naik kereta ato mobil deh lemparin pulpen ato semut deh ke atas. Apa mereka mental kebelakang? Kaga akan boy….

      1. Itu Ilustrasinya yg tdk tepat .. jika helikopter berada diatas tanah/terbang stationery (diam) maka selama 2 jam pasti tertinggal oleh lokasi awal (helipad) krn, spt yg anda maksud, bumi berotasi. Coba skrg terangkan secara ilmiah bgmn atmosfir tidak menahan helikopter utk diam pd saat bumi berotasi.. ini pake rumusapa ya kira2?
        Lalu kalo didalam mobil yg berjalan kita melempar bola keatas didalam ruangan mobil kita … ya pastinya bola tsb tetep akan berada didalam mobil dong … nah skrg coba anda duduk diatap mobil yg berjalan 100km/jam lalu lemparlah bola anda keatas.. apa yg terjadi thd bola anda? Pastinya tdk akan masuk kedalam mobil kan? 😎

  20. Mungkin krn hal ini ya..
    Beberapa tahun yg lalu beberapa Masjid ditempat saya melakukan perubahan arah kiblat.. sepertinya mrk sudah mulai sadar kalo pake kompas dgn dasar peta ge itu beda beberapa derajat dengan kompas pake peta fe..
    Alhamdulillah akhirnya banyak yg sadar..
    😀

  21. Admin, apa matahari mengelilingi bumi secara selari? di mana matahari mengelilingi bumi 24 jam? jika benar matahari bergerak 24 jam dan selari, kenapa kejadian waktu malam dan siang tidak kerap sama? kerana di kawasan saya waktu matahari terbit paling awal pukul 5.25 am, dan paling lewat dalam pukul 6 am. sedangkan matahari terbenam paling awal 6.45 pm, dan paling lewat pukul 7.40 pm. kenapa waktu tidak selari?
    berapa jarak bulan dan bumi? apa bulan mengelilingi bumi pada ketinggian yang sama? kerana di kawasan saya, saya boleh melihat ada ketika bulan kelihatan kecil, dan ada ketika bulan kelihatan besar dari biasa. kenapa bulan kelihatan berbeza saiznya?

  22. Min, saya ada pertanyaan.

    Kenapa masjid di arafat yg jaraknya 20km dari kabah shafnya lurus. Sementara di masjidil haram itu sendiri melingkar?

    Ada juga masjid yg jaraknya sekitar beberapa kilo yg terletak di dekat jabal nur. Itu shaffnya kenapa lurus? Padahal di masjidil haram sendiri itu melingkar

  23. Subhananlloh, kian hari mulai terkuak bahwa matahri lah yg mengitari bumi bahwa hari ahad tgl 16 juli 2017, Matahari Tepat di Atas Kakbah, Lakukan Tiga Hal Ini
    Pojoksatu 15 Jul. 2017 09:24

    Matahari di atas Kakbah (ilustrasi)

    POJOKSATU.id, JAKARTA- Kementerian Agama mengingatkan bahwa pada Ahad (16/7/2017) matahari tepat di atas Kakbah. Fenomena ini menjadi waktu yang sangat istimewa bagi umat muslim di seluruh dunia, termasuk Indonesia untuk melakukan perbaikan arah kiblat.
    Fenomena itu dikenal dengan istilah A’dham atau Rashdul Qiblah. Fenomena ini merupakan peristiwa singgahnya matahari dua kali dalam setahun tepat di atas Kakbah.
    Direktur Urusan Agama Islam dan Pembinaan Syariah Kementerian Agama, Muhammad Thambrin mengatan, saat-saat matahari tepat di atas Kakbah, dapat dijadikan momentum terbaik untuk memperbaiki arah kiblat.
    “Berdasarkan data astronomi, Ahad 16 Juli 2017, pukul 16.27 WIB atau 17.27 WITA, matahari akan melintas tepat di atas Ka’bah, sehingga bayang-bayang suatu benda yang berdiri tegak lurus dimana saja akan mengarah lurus ke Ka’bah,” ucap Muhammad Thambrin melalui keterangan tertulisnya yang diterima pojoksatu.id, Sabtu (15/7/2017).

    Matahari di atas Kakbah
    Pada peristiwa Rashdul Qiblah bulan ini yang jatuh pada 16 Juli 2017 mendatang, waktu yang tepat tersebut berada pada pukul 16.27 WIB atau 17.27 WITA. Saat itu, matahari melintas tepat di atas Kakbah, sehingga bayang-bayang suatu benda yang berdiri tegak lurus dimana saja akan mengarah lurus ke Kakbah.
    Menurut Muhammad Thambrin, ada tiga hal pokok yang harus diperhatikan untuk memperbaiki arah kiblat saat matahari tepat di atas Kakbah:
    1. Pastikan benda yang menjadi patokan harus benar-benar berdiri tegak lurus atau pergunakan lot atau bandul
    2. Permukaan dasar harus betul-betul datar dan rata
    3. Jam pengukuran harus disesuaikan dengan BMKG, RRI atau Telkom.

  24. Min…

    Percaya dengan teleskop/teropong bintang gak min? Mungkin gak sih ada alat yang bisa membantu melihat benda/objek yang sangat jauh?

      1. BErarti seharus nya kalo datar dan teleskop tersebut diarahkan ke antartika. Bisa dong?

        Teleskop aja bisa keluar bumi masa didalem bumi sendiri gak bisa?

        1. Sehebat apapun alat yang di buat manusia, pasti punya keterbatasan. Teleskop atau Teropong pun pasti juga tidak bisa menentang hukum Perspektif dalam menjangkau pandangan.

          Perhatikan juga faktor-faktor penghalang lain seperti kelembaban udara, refraksi atmosfir, gunung, gedung dll yang membuat wilayah atau benda yang ingin kita lihat menjadi tidak terlihat. Think about it and smart question please!

  25. Jika antartika adalah dinding es, berapakah tingginya lalu seberapakah tebalnya dan bagaimana pasukan AS bisa mendarat disana ? Jawab dong min

    1. Antartika adalah dataran setinggi 4000 M dari permukaan air laut. Seberapa luas datarannya belum bisa diukur secara pasti. Soal bagaimana cara mendaratnya, ya pake transportasi terbang gan, kok repot repot dipikirin :-)!

      1. maaf min,,,4000 m itu 4 km lho, pernah ada yg mendokumentasikan langsung dinding es setinggi itu? 4 km dr permukaan laut lho bukan dari dalam laut

        1. Yup, tembok es yang di maksud juga meliputi gunung-gunung yang ada di Antartika. Menurut wikipedia Vinson Massif adalah puncak tertinggi yang ada di Antartika (Pegunungan Ellsworth), dimana ketinggiannya mencapai 4,892 m (4,8 KM atau 16,050 kaki) dari permukaan laut.

  26. O0, klo boleh disimpulkan peta bumi datar versi FE lebih akurat dari peta datar versi GE? Klo boleh berpendapat sih menurut saya sama aja, hanya berbeda asumsi saja. Peta bumi yg didatarkan versi FE boleh dianalogikan sebuah bola yang ditusuk bagian bawahnya kemudian disayat sampe ke atas dengan beberapa sayatan, sementara peta bumi yg didatarkan veris GE adalah sebuah bola yang disayat dari atas ke bawah dengan satu sayatan kemudian didatarkan. Terkait perbedaan arah kiblat yang dipertanyakan pun harusnya dibaca dengan cara yang berbeda karena cara membaca arah pada kedua peta yang disandingkan tersebut pun gak bisa disamakan

  27. Tidak ada keraguaan tentang bentuk bumi, Allah sudah menjelaskannya dalam Al Quran bahwa bumi ini Allah hamparkan di atas air dan bagaimana bentuk permukaan air, lihat dan amati sendiri. saran saya buat kawan2 yang mau tahu bagaimana tafsir ayat-ayat Al Quran yang sebenarnya, bacalah tafsir Abdullah Ibnu Abbas karena beliau satu2 sahabat yang pernah didoakan oleh Nabi SAW untuk diberi pemahaman tentang tafsir Al Quran, jangan yang lain.

    1. Silahkan temukan jawaban di http://www.melinweb.com/perbedaan-asumsi-bumi-datar-dan-bumi-bola/.

      Soal link yang agan kasih, silahkan agan pikirkan dan renungkan aja. Lebih logis mana, dan ikutin kata hati agan sendiri. Ga ada paksaan untuk meyakini FE. Namun kalo agan paham alasan kenapa bisa ada GE, siapa yang melakukannya dan apa latar belakangnya, kami yakin agan akan berpikir positif soal FE.

      Teori konspirasi saat ini dibuat seolah jadi sugesti oleh antek-antek NWO. Mereka sengaja melakukannya untuk mengaburkan dan membingungkan antara kenyataan dan khayalan. Mereka sebenarnya sudah merasuk ke dalam alam bawah sadar kita, namun hanya kitanya saja yang belum bangun semua.

      So silahkan agan pilih, mau bangun? apa mau tetep tidur??!!

      -Salam-

  28. Semoga semua perbedaan pendapat ini akan menemukan kebenarannya. Siapa pun itu yg jelas kebenaran hanya satu.saya seneng bacanya dan semua pertanyaan atau jawaban banyak mengandung ilmu pengetahuan. Tetap berdebat secara positif.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *